Tips dan Trik Memilih serta Mengisi Kotak Makanan Anak

Tips dan ide-ide untuk mengisi kotak bekal makan siang anak di sekolah yang sehat dan mudah dibuat seringkali sangat kita butuhkan mengingat, sebagai orang tua kita sering merasa khawatir, apakah makanan-makanan yang selama ini kita berikan kepada anak sudah mencukupi kebutuhan gizi hariannya? Sehingga tidak jarang di antara kita yang bertanya bergumam, "apakah makanan yang saya masukkan ke dalam kotak makanan untuk bekal anak sudah tepat?" Namun, selain beberapa mencari ide, tips, dan trik menyajikan makanan untuk anak di internet atau menonton di YouTube, berikut adalah poin-poin penting yang perlu Anda ingat.



Proses membungkus makanan


Pada awalnya, membungkus atau packing makanan mungkin terasa ribet karena memang segala sesuatu ‘yang baru’ perlu dipelajari dan dibiasakan. Namun tidak akan lama, setelah seminggu atau dua minggu Anda rutin melakukannya, Anda pun akan ahli di bidang bungkus-membungkus. Bagi Anda yang baru punya anak usia sekolah, beberapa tips di bawah ini mungkin akan membantu.


Memilih waktu untuk packing makanan


Kapan Anda memiliki waktu luang? Di pagi hari atau di malam hari? Carilah waktu yang tepat dimana Anda bisa dengan leluasa menyiapkan makanan sehingga tidak tergesa-gesa.

Karena apabila tergesa-gesa, selain membuat Anda kerepotan, packing makanan terburu-buru juga kadang-kadang membuat Anda tidak memikirkan tentang beberapa detail kecil, yang justru kadang-kadang berpengaruh besar di masa yang akan datang. Seperti, terburu-buru memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kotak makan siang (lunchbox) berbahan plastik yang dapat menyebabkan reaksi kimia tertentu pada plastik tersebut.

Satu pengecualian, makanan-makanan atau minuman yang panas dan berkuah sebisa mungkin di packing pada pagi hari, sesaat sebelum anak berangkat ke sekolah.


Memilih kotak makan siang untuk anak yang tepat


Banyak orang tua yang tertarik untuk membelikan anak-anak mereka wadah bekal makan siang yang praktis, yang hanya terdiri atas satu kotak saja dan kemudian di dalamnya terdapat blok-blok yang bisa dibagi-bagi untuk menempatkan sayuran, lauk-pauk, nasi, dan lain-lain.

Wadah makan siang semacam ini memang praktis dan cukup mudah dijumpai. Selain itu, model-model kotak makanan yang menarik untuk anak, mulai dari yang menampilkan gambar-gambar cantik hingga yang berbentuk superhero sangat mudah didapat.

Namun tidak ada salahnya juga apabila Anda menyediakan kotak makan siang sederhana dengan berbagai ukuran. Karena apabila kita hanya mengandalkan kotak makan siang satu ukuran, hal tersebut bisa membuat kita merasa terbatas dalam berkreasi dan terbatas dalam menyajikan variasi makanan.
  • Wadah persegi yang berukuran besar misalnya, bisa dimanfaatkan untuk menempatkan berbagai jenis makan siang yang unik, yang mungkin selama ini tidak pernah dibawa oleh anak. Misalnya seperti, sesekali Anda bisa membekali mereka dengan sandwich, burger vegetarian, pasta, atau mungkin menu modern lainnya.
  • Wadah yang berukuran sedang bisa dimanfaatkan untuk membawa makanan-makanan ringan seperti muffin atau makanan yang dipanggang lainnya.
  • Wadah yang lebih kecil bisa dimanfaatkan untuk menempatkan berbagai jenis buah-buahan, sayuran, dan aneka rupa makanan ringan berukuran kecil.
  • Sedangkan wadah paling kecil bisa dimanfaatkan untuk menempatkan saos, kecap, atau sayuran berkuah.
  • Wadah berbentuk termos, bisa dimanfaatkan untuk menyimpan makanan-makanan panas atau dingin
  • Yang terakhir adalah botol air
Di pasaran, Ada banyak jenis wadah yang bisa kita manfaatkan untuk pendamping bekal utama untuk makan siang anak, baik yang berbahan plastik maupun stainless steel. Namun ingat, jika memilih wadah makanan berbahan plastik, pilihlah hanya yang berkualitas walaupun harganya mungkin sedikit agak mahal.


Ide bekal makan siang untuk anak ke sekolah


Anak-anak tidak menyukai makanan-makanan tertentu yang sebenarnya sangat baik untuk tubuh dan otak mereka karena mengandung sejumlah vitamin dan mineral (nutrisi). Jika anak-anak tidak menyukai makanan-makanan tertentu, jangan menyerah dan jangan pernah merasa capek untuk memberikan mereka masukan mengenai manfaat makanan tersebut.

Sesekali Anda juga perlu bertanya kepada mereka mengenai menu makanan apa yang mereka inginkan untuk dimasukkan ke dalam kotak kotak makan siangnya. Jika ada waktu, minta mereka untuk membantu Anda mengepak makanan sehingga mereka bisa memilih apa saja makanan-makanan yang mereka sukai.


Jangan lupakan susu atau produk susu


Selain daging, ikan, buah-buahan dan sayuran, Bunda juga wajib menyertakan susu atau berbagai jenis produk susu untuk bekal anak ke sekolah.

Susu banyak mengandung protein, kalsium, dan vitamin D yang fungsinya untuk membantu tubuh menyerap lebih banyak kalsium. Adapun manfaat utama susu adalah untuk:
  • Mendukung perkembangan saraf otak anak
  • Membuat tulang dan gigi menjadi kuat serta padat
  • Membantu mencegah dehidrasi
  • Sebagai sumber energi
  • Dan beberapa susu kadang-kadang dilengkapi dengan berbagai jenis vitamin dan mineral sehingga bisa sekaligus bermanfaat sebagai pelengkap nutrisi harian
Susu dan produk susu seperti keju, yoghurt, dan lain-lain bisa dikemas secara terpisah atau digabungkan dengan berbagai jenis makanan olahan. Jika anak-anak bosan dengan keju atau yoghurt, tidak ada salahnya apabila Anda membuat puding yang ditambahkan susu sebagai variasi menu makan siang anak di sekolah.

Itulah beberapa tips dan trik menyiapkan berbagai jenis makanan yang akan dimasukkan ke dalam kotak makanan anak untuk dibawa ke sekolah sebagai bekal makan siang. Sekedar tips, jangan lupa juga membekali anak dengan cemilan-cemilan sehat yang bisa mereka makan ketika istirahat. Ini akan sangat bermanfaat untuk mengurangi atau mencegah agar mereka tidak terlalu sering pergi ke kantin. Cemilan sehat seperti buah kering, pop corn, biji bunga matahari, atau berbagai jenis buah-buahan organik seperti apel, buah pir, hingga telur (puyuh) rebus bisa dijadikan sebagai opsi cerdas.

0 Response to "Tips dan Trik Memilih serta Mengisi Kotak Makanan Anak"