Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Menggunakan Bahan Alami

Siapapun pasti tidak menginginkan flek hitam ada di wajahnya. Dan setiap orang, pasti ingin memiliki kulit muka yang halus, lembut, kencang, bercahaya, dan sehat atau bebas dari jerawat. Apakah memiliki wajah yang sempurna seperti itu bisa diwujudkan?

Tentu saja bisa. Asal kita mau melakukan perawatan dan menjaga agar kulit wajah tetap sehat dan jauh dari masalah. Namun, sebaik apapun kita menjaga kulit muka, kadang tetap saja ada masalah yang muncul. Entah itu jerawat, bekas luka, dan lain sebagainya.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami


Menutupi flek hitam dengan menggunakan bedak atau peralatan kosmetik bukanlah solusi terbaik. Pasalnya, ada saatnya kita tidak akan menggunakan bedak atau berbagai peralatan make up tersebut. Pada saat itu, menatap wajah di depan cermin kadang membuat kita merasa sedih. Karena di wajah terdapat noda yang membuat muka jadi kurang cerah atau terlihat kurang menarik.

Jika noda atau flek hitam adalah masalah utama wajahmu, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut ini.

1. Cara menghilangkan bintik hitam bekas jerawat di Wajah secara alami menggunakan lidah buaya

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah
Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

Setiap kali muncul jerawat di wajah, kita selalu ingin agar jerawat tersebut cepat hilang. Tapi sayangnya, selain jerawat tidak mudah hilang, kadang-kadang muncul bekas jerawat yang meninggalkan flek berwarna hitam. Jika jerawat saja sudah cukup sulit untuk diatasi, luka bekas jerawat akan lebih sulit lagi.

Tapi kamu tidak perlu bingung, bintik-bintik hitam bekas jerawat bisa kamu atasi salah satunya dengan menggunakan lidah buaya.

Kalau kamu sering browsing dan cari-cari cara bagaimana mengatasi berbagai masalah wajah. Mulai dari flek hitam hingga pori-pori yang besar, kamu mungkin akan sering menemukan artikel yang menerangkan lidah buaya untuk mengatasi berbagai masalah wajah tersebut.

Benarkah tanaman lidah buaya sangat ampuh untuk mengatasi flek hitam atau noda bekas jerawat?

Menurut studi, tanaman lidah buaya bisa secara konsisten menstabilkan kadar melanin di dalam sel. Kemampuan tanaman lidah buaya ini tentu saja jarang sekali dimiliki oleh tanaman-tanaman lain. Karena itulah, tanaman lidah buaya atau yang dikenal dengan istilah aloe vera (dalam bahasa asing) kerap digunakan untuk mengobati atau mengatasi bintik-bintik hitam bekas jerawat di wajah. Tak hanya bintik hitam, bekas luka juga bisa diobati dengan menggunakan gel aloevera.

Karena ini merupakan bahan alami yang dosisnya pasti tidak sebanyak produk kecantikan hasil olahan pabrik, maka kamu harus sedikit bersabar dan rutin dalam menggunakannya sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

Adapun cara menggunakan gel lidah buaya untuk mengatasi bintik-bintik hitam di wajah bisa kamu lihat di bawah ini.

  • Ambil satu kelopak tanaman lidah buaya

  • Belah lalu ambil gel-nya dengan menggunakan sendok

  • Oleskan gel lidah buaya di kulit wajah atau pada bintik-bintik hitam dan diamkan selama 30 menit

  • Setelah itu, bilas dengan air hangat Setelah kulit muka dikeringkan, terapkan serum atau pelembab

  • Gel lidah buaya bisa diterapkan dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari

2. Air lemon adalah bahan alami untuk mengatasi flek hitam di muka

Manfaat Jus Lemon untuk Kulit
Manfaat Jus Lemon untuk Kulit

Selain gel lidah buaya, air lemon yang kaya akan vitamin C merupakan salah satu bahan alami terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan kulit wajah.

Hanya saja, kamu perlu tahu bahwa air lemon sebaiknya diencerkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Selain itu, kamu juga perlu menguji reaksi kulitmu terhadap air lemon sebelum menggunakannya dalam jumlah besar.

Setelah mengaplikasikan air lemon ke kulit wajah kamu juga tidak boleh terpapar sinar matahari langsung. Karena hal tersebut justru akan membuat kulit lebih mudah merancang atau menjadi lebih gelap.

Bagi kamu yang ingin mencoba mengatasi noda noda hitam di wajah bekas jerawat atau yang diakibatkan oleh faktor lainnya menggunakan vitamin C yang bersumber dari air lemon, ada baiknya kamu mengikuti tips berikut ini.

  • Identifikasi jenis kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan air lemon. Apabila kamu memiliki kulit yang sensitif cobalah untuk mengencerkan air lemon dengan perbandingan yang sama menggunakan air sebelum mengaplikasikannya di wajah

  • Uji reaksi kulit terhadap air lemon dengan menerapkannya pada kulit yang berada di belakang telinga atau di bagian-bagian yang tersembunyi. Yang saya maksudkan dengan bagian belakang telinga adalah, bagian di antara daun telinga dan tulang rahang. Jika tidak ada reaksi, kamu bisa melanjutkan pengujian dengan menerapkannya sedikit di kulit wajah. Misal, di pelipis atau di bagian yang lainnya

Bagaimana cara menerapkan air lemon untuk mengatasi bintik hitam di wajah?

  • Sediakan satu buah jeruk lemon

  • Iris menjadi beberapa bagian, kemudian oleskan tipis-tipis pada area yang ingin kamu cerahkan

  • Diamkan selama 5-10 menit

  • Jika kulitmu adalah kulit sensitif, cobalah mencampurkan satu sendok makan air lemon dengan satu sendok makan air putih atau air mawar sebelum diterapkan

  • Setelah itu, bilas dengan air hangat lalu akhiri dengan menerapkan pelembab atau serum

  • Cara ini bisa kamu terapkan dua kali sehari yaitu, pada pagi dan sore hari ini selama kurang lebih 2 bulan untuk benar-benar memperoleh hasil yang maksimal

3. Cara menggunakan pepaya untuk mencerahkan kulit muka

Manfaat Pepaya untuk Menyamarkan Noda Hitam di Wajah
Pepaya dapat Menyamarkan Noda Hitam di Wajah

Ada banyak jenis buah-buahan yang sebenarnya bisa kita gunakan untuk merawat wajah agar tampil lebih cantik serta halus dan bercahaya. Selain buah lemon, pepaya bahan alami lainnya yang bisa kamu coba untuk mencerahkan kulit wajah atau mengatasi flek hitam.

Bagi kamu yang penasaran dan ingin tahu bagaimana cara menggunakan pepaya untuk mengatasi flek hitam di wajah secara alami. Kamu bisa menyimak caranya di bawah ini.

  • Sediakan pepaya mentah yang masih hijau

  • Kupas dan buang bijinya

  • Haluskan dengan menggunakan blender atau food processor

  • Terapkan pada wajah ah dan kulit leher lalu diamkan selama 20 menit 30 menit

  • Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat lalu terapkan pelembab atau serum

  • Cara memutihkan kulit wajah dengan menggunakan pepaya ini bisa kamu terapkan setiap hari yaitu pada pagi hari atau pada malam hari sebelum tidur

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Menggunakan Bahan Alami"