Tips Mengoptimalkan Internet untuk Mendukung Belajar Anak

Tips Mengoptimalkan Internet untuk Mendukung Belajar Anak

Saat ini, semakin banyak anak-anak yang memegang smartphone di usia belia. Seringnya, smartphone tersebut bukanlah smartphone orang tuanya. Melainkan smartphone mereka sendiri yang sengaja diberikan oleh orang tua.

Smartphone yang diberikan oleh orang tua kepada anak-anak seringkali tidak diproteksi. Bahkan, tidak sedikit orangtua yang justru tidak tahu sama sekali apa yang dilakukan oleh anak-anak mereka saat menggunakan smartphone.

Anak-anak juga kerap tidak dibekali dengan literasi digital. Sehingga, semakin banyak anak-anak muda yang menyebarkan hoax, melakukan pembelian dan berlindung di balik akun palsu, dan melakukan berbagai tindakan tidak terpuji lainnya.

Tidak hanya itu saja efek negatif yang disebabkan oleh pemberian smartphone kepada anak-anak. Karena disamping berbagai efek negatif tersebut, kini semakin banyak anak-anak yang kehilangan waktu untuk belajar karena sibuk bermain smartphone. Akibatnya, prestasi mereka menurun.

Nah, agar anak-anak bisa terlindungi dari bahaya internet dan agar waktu belajar mereka tidak banyak tersita oleh smartphone, berikut adalah beberapa tips mengoptimalkan internet untuk mendukung tumbuh kembang dan belajar anak-anak.

Cara Mengoptimalkan Internet untuk Mendukung Kegiatan Belajar Anak

Ada banyak hal yang bisa dipelajari oleh anak-anak melalui internet. Dengan bimbingan yang tepat, mereka bisa mendapatkan hasil yang menakjubkan.

Akan tetapi, jika tidak diarahkan, internet bisa menjadi penghambat proses belajar mereka. Karena ada banyak hal menarik di internet untuk dilihat.

Berbagai konten menarik tersebut akan memaksa anak-anak untuk terus melakukan scrolling hingga waktu terbuang sia-sia. Akibatnya, waktu belajar anak pun semakin minim. Tidak ada aksi nyata yang mereka lakukan kecuali menjadi seorang penonton.

Karena itu, tidak mengherankan apabila ada yang mengatakan bahwa internet tidak ubahnya seperti lubang hitam yang akan menyedot perhatian mereka.

Agar gadget dan internet yang ada di tangan anak-anak tidak hanya digunakan untuk menonton atau bermain game saja, berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba oleh setiap orang tua untuk mengoptimalkan manfaat internet dan gadget dalam mendukung kegiatan belajar anak-anak.

1. Daftarkan anak-anak agar mengikuti kelas online

Teknologi terbukti bermanfaat di hampir setiap aspek kehidupan kita. Begitu juga dengan dampaknya dalam dunia pendidikan.

Internet membuat siswa kini tidak hanya bergantung pada perpustakaan atau bahan referensi dari buku makalah atau yang macamnya.

Karena saat ini semakin banyak kita temukan kelas-kelas online yang menyediakan metode belajar yang lebih atraktif dan menarik serta mudah diikuti.

Mengikuti kelas online, anak-anak bisa memanfaatkan gadget dan internet yang ada di tangan untuk hal-hal yang lebih baik.

2. Tantang anak-anak untuk mempelajari apa yang mereka tonton

Tidak dipungkiri apabila internet membuat level hiburan yang bisa kita akses semakin beragam dan semakin menyenangkan.

Salah satu bentuk hiburan di internet yang paling sering diakses oleh anak-anak adalah konten video dari berbagai platform. Seperti YouTube, Tik Tok, dan lain sebagainya.

Jika konten-konten tersebut hanya sekedar ditonton, maka anak-anak akan kehilangan banyak waktu dan peluang. Sebaliknya, cobalah untuk mendorong anak-anak agar menguasai atau mempraktekkan berbagai hal positif yang mereka tonton dari plafon plafon tersebut.

Misalnya, jika anak-anak suka menonton video-video kuliner, ajak mereka untuk membuat kue atau masakan yang serupa dengan apa yang mereka tonton.

Jika anak-anak suka menonton animasi super hero. Ajak mereka untuk berkreasi membuat pernak pernik super hero yang mereka sukai. Misal, membuat berbagai senjata superhero dari kertas origami, belajar membuat topeng superhero, atau mewarnai dan menggambar tokoh superhero favorit.

3. Dorong anak untuk mendokumentasikan kegiatannya

Mendorong anak untuk membuat dokumentasi pada setiap kegiatan yang mereka lakukan secara tidak langsung bisa melatih anak untuk membuat konten yang bermanfaat.

Disamping itu, membuat dokumentasi juga secara tidak langsung akan memaksa anak untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan melakukan segala sesuatu dengan lebih baik.

Tingkatkan Keamanan Berselancar di Internet

Fasilitas yang dimiliki oleh anak-anak berupa internet dan smartphone, jika digunakan dengan baik akan memberikan banyak manfaat. Akan tetapi, anak-anak seringkali merasa kurang tertarik memanfaatkan internet dan smartphone untuk belajar.

Oleh sebab itu, orang tua perlu mencari cara tertentu untuk memancing agar smartphone dan internet yang ada di tangan anak-anak bisa dioptimalkan untuk mendorong kegiatan belajar anak.

Agar anak-anak bisa berselancar dengan aman di internet, orang tua juga perlu berlangganan internet yang aman.

Di Indonesia sendiri ada banyak pilihan provider internet yang bisa kita langgani. Salah satunya adalah IndiHome dari Telkom Indonesia.

Ini merupakan salah satu layanan jaringan internet paling aman yang bisa membantu setiap orang tua untuk meningkatkan keamanan bagi anak-anaknya saat berselancar di internet. Pasalnya, selain terdapat filter dari Telkom, Kita juga bisa melakukan filter sendiri untuk memblok situs-situs yang kurang pantas untuk anak melalui administrator Wi-Fi.