Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Ampuh Menghapus Noda Warna Makanan dari Tangan Anak

Pewarna makanan memerlukan sedikit kesabaran untuk bisa membersihkan dan menghapusnya dari kulit maupun pakaian. Biasanya, anak-anak sangat suka dengan berbagai jenis makanan yang diberikan pewarna dan terkadang, makanan-makanan tersebut basah dan menempel di tangan sehingga warna makanan tersebut tertinggal.

Pewarna makanan bisa dihilangkan dengan bantuan beberapa bahan alami khususnya yang berbahan asam. Beberapa pengalaman menunjukkan bahwa air lemon atau pasta gigi, kedua-duanya sama baiknya apabila digunakan untuk menghapus warna makanan dari kulit.
Yang perlu kamu lakukan adalah menerapkan sedikit bahan tersebut pada kulit dan kemudian menggosok-gosoknya hingga warna benar-benar hilang. Di sisi lain, jika pewarna makanan mengenai pakaian dan membuang noda disana, bahan-bahan ini juga sama efektifnya untuk menghilangkan noda.

Bahan-bahan alami yang mengandung asam tersebut apabila bercampur dengan pewarna makanan dapat menyebabkan pewarna makanan tersebut menjadi memudar dan perlahan-lahan menghilang. Namun perlu diingat juga bahwa, cara ini tidak ampuh jika digunakan pada kulit yang sudah terkena pewarna makanan selama lebih dari 20 menit.

Jadi, sebisa mungkin kamu harus menerapkannya sebelum 20 menit. Berikut adalah beberapa tips lengkap mengenai cara menghapus noda warna makanan dari tangan atau kulit selengkapnya.


1. Pasta gigi

Cara menghapus noda menggunakan pasta gigi terutama noda akibat pewarna makanan tidak terlalu sulit. Kita akan mulai dengan mengambil pasta gigi secukupnya kemudian oleskan secara merata pada kulit yang terkena pewarna makanan. Diamkan selama kurang lebih 10 menit hingga pasta gigi tersebut mengering.

Setelah kering, kamu bisa mengikis sisa pasta gigi sambil dicuci dengan air dingin. Cara ini cukup ampuh untuk menghapus pewarna makanan dari kulit.

2. Baking soda

Cara lain untuk menghapus pewarna makanan dari kulit atau dari tangan adalah dengan menggunakan baking soda yang dicampurkan dengan air. Setelah kamu membuat campuran baking soda dan air, oleskan pasta tersebut dan gosok-gosokkan selama kurang lebih 5 menit secara terus-menerus. Setelah itu kamu bisa membilas jari-jari atau tangan anakmu dengan menggunakan air. Ulangi jika diperlukan.

3. Alkohol

Alkohol dan juga bisa dimanfaatkan dan memiliki efek yang cukup baik terutama untuk menyingkirkan noda bekas pewarna makanan pada kulit maupun pakaian. Untuk menghilangkan warna makanan dari tangan, alkohol cukup digunakan sedikit saja karena biasanya alkohol sangat keras dan tidak dianjurkan untuk kulit sensitif.

4. Obat kumur

Mungkin tidak banyak dari kamu yang mengetahui bahwa obat kumur bisa digunakan untuk menghapus noda makanan dari kulit, tangan atau pakaian. Obat kumur merupakan alternatif yang sangat efektif untuk membantu memudahkan pewarna makanan dari kulit maupun pakaian.

Caranya, terapkan obat kumur kemudian gosok-gosokkan kulit dengan obat kumur tersebut hingga warnanya menghilang. Jika kamu menggunakannya untuk menghilangkan noda di pakaian, gunakan beberapa tetes kemudian oleskan dan gosok-gosok hingga nodanya menghilang.

5. Cuka

Cara efektif dan mudah lainnya untuk menghapus noda warna makanan pada kulit tangan dan pakaian anak adalah dengan menggunakan cuka asam. Ini merupakan salah satu bahan terbaik yang alami dan aman untuk kulit. Cuka putih atau white vinegar juga bisa bermanfaat untuk mencegah kulit agar tidak gosong. Cara memanfaatkannya, sediakan cuka secukupnya kemudian rendam kulit yang terkena noda makanan. Terakhir, bersihkan sambil digosok-gosok hingga warna makanan memudar.

Post a Comment for "Tips Ampuh Menghapus Noda Warna Makanan dari Tangan Anak "