7 Tips Diet Sehat untuk Ibu Hamil

Saat kita hamil, kita cenderung mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Makanan-makanan tersebut biasanya lebih bervariasi dibandingkan dengan makanan yang kita konsumsi pada saat sebelum hamil. Selain memanjakan diri anda, keluarga anda, termasuk suami kemungkinan besar akan melakukannya (memanjakan). Mereka akan memanjakan anda dengan berbagai jenis buah-buahan sehat, sayuran dan bahkan makanan-makanan lezat yang bisa memenuhi keinginan anda. Namun, makanan-makanan yang harus ada di piring anda adalah makanan-makanan pilihan yang banyak mengandung nutrisi serta mineral dalam jumlah yang tepat, pilihan terbaik, dan sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

Janin yang tumbuh dalam diri anda membutuhkan vitamin, mineral, protein dan cairan dari makanan yang dikonsumsi. Makanan sehat yang anda konsumsi akan janin tumbuh dan berkembang dengan baik selama berada di dalam rahim. Selama kehamilan, ada beberapa wanita yang tidak bisa mengendalikan nafsu makan mereka. Hal tersebut bukanlah masalah jika makanan yang dikonsumsi tetap berada pada rencana diet yang tepat.

Agar anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai komplikasi selama kehamilan, berikut adalah 7 tips diet yang penting dan harus diikuti selama kehamilan.


Tips pertama

Pastikan anda menyediakan makanan-makanan yang menjadi sumber kalsium. Kalsium diperlukan bagi anda untuk mempertahankan kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga akan membantu fasilitasi kontraksi otot dan fungsi saraf.

Beberapa makanan yang bisa menjadi sumber kalsium diantaranya adalah: bayam, sarden, ikan salmon, keju, yoghurt, susu dan beberapa makanan yang diperkaya dengan kalsium lainnya. Makanan-makanan ini sangat penting terutama pada trisemester pertama kehamilan.


Tips kedua

Diet untuk ibu hamil selanjutnya yang harus anda jalan ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat. Asam folat diperlukan untuk mengurangi kemungkinan bayi terkena cacat lahir seperti spina bifida. Beberapa makanan yang banyak mengandung asam folat diantaranya adalah, buncis, kacang-kacangan dan kacang polong.


Tips ketiga

Anda juga diharuskan mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi untuk memproduksi sel darah merah. Karena jika tidak dipenuhi, anda kemungkinan besar akan mengalami anemia atau kekurangan trombosit. Akan tetapi, anda juga harus berhati-hati karena makanan yang banyak mengandung zat besi biasanya dapat menyebabkan sembelit.

Anda juga harus tahu bahwa tumbuhan yang menyerap zat besi sesuai dengan yang dibutuhkannya saja. Tumbuh tidak akan menyerap zat besi walaupun anda memakan segudang zat besi apabila mereka tidak membutuhkannya.

Beberapa makanan yang kaya zat besi diantaranya adalah, bayam, susu, dll.


Tips keempat

Menu makanan selanjutnya yang tidak boleh dilupakan adalah makanan yang banyak mengandung vitamin D dan vitamin B12.

Vitamin D dibutuhkan untuk membantu penyerapan kalsium sehingga secara tidak langsung membantu membangun tulang dan menjaga kesehatan tulang serta gigi. Sedangkan vitamin B12 sangat penting dan dibutuhkan selama kehamilan untuk membantu mengembangkan fungsi otak. Beberapa makanan yang bisa menjadi sumber vitamin D dan vitamin B12 diantaranya adalah telur dan susu kedelai.


Tips kelima

Tidak boleh tidak, anda harus menyediakan air putih dan konsumsilah dalam jumlah yang cukup. Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi 8 hingga 10 gelas air putih setiap hari. Jika anda ibu hamil yang aktif berolahraga atau aktif beraktifitas, maka anda membutuhkan air putih dalam jumlah yang lebih banyak.

Dehidrasi dapat menyebabkan beberapa masalah seperti kontraksi atau persalinan prematur. Oleh sebab itu, anda harus tetap menghidrasi tubuh anda selama kehamilan.


Tips keenam

Jangan pernah tinggalkan buah-buahan terutama yang mengandung betakaroten. Buah-buahan yang banyak memiliki kandungan vitamin A sangat baik untuk membantu membangun kulit yang sehat serta untuk membantu mengembangkan penglihatan dan tulang.

Buah-buahan seperti semangka, buah persik, buah pepaya, pisang dan tomat sangat dianjurkan karena mengandung banyak vitamin termasuk betakaroten.


Tips ketujuh

Salah satu bagian penting dari diet selama kehamilan yang tidak boleh anda tinggalkan adalah protein. Protein yang dibutuhkan untuk membangun dan otot bayi di dalam kandungan anda.

Untuk diet ibu hamil, beberapa makanan sumber protein diantaranya adalah: telur, daging ayam, daging sapi atau bagi anda para vegetarian bisa mendapatkannya dari berbagai jenis kacang-kacangan.

0 Response to "7 Tips Diet Sehat untuk Ibu Hamil "