Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Motor Matic agar Awet Puluhan Tahun

“Bro, ini motor tahun berapa sih?” Tanya teman saya ketika ia hendak mengembalikan motor Honda Vario saya yang dipinjamnya beberapa waktu lalu.

“2013!” jawab saya singkat. “Emang kenapa?” Saya balik bertanya karena penasaran.

“Nggak. Penasaran aja, kok tarikannya masih enak.” Komentar teman saya.

“Ya enak lah. Wong aku rutin tune up.”

Cun ap? ‘Cun ap’ apa sih maksudnya?”

“Tune up!” Jawab saya menegaskan. “Tune up itu, proses cek motor menyeluruh dan servis.” Sambung saya menjelaskan.

“Yah, mahal dong ongkos servisnya.” Keluh teman saya.

“Ya nggak lah! Asal servisnya di Planet Ban. Tau kan bengkel Planet Ban?”

“Nggak pernah denger! Emang tempatnya di mana?” Tanya teman saya.

“Di sini ada 3 tempat sih. Tapi yang paling dekat, bengkel yang di Kepatihan, Jombang. Jl. RE. Martadinata. Dekat Bakso Mama.” Jawab saya panjang lebar untuk menjelaskan.

Itulah obrolan singkat saya dengan seorang sohib yang sudah merasakan sendiri kalau motor yang rutin diservis itu emang feels-nya beda dibandingkan motor yang jarang diservis atau cuma sekedar rutin ganti oli saja.

Tapi, beneran lho…

Motor yang rutin diservice rasanya memang beda! Tarikannya lebih enteng, konsumsi bensinnya irit, lampu-lampu dan kelistrikannya semua hidup, plus tetap nyaman dan bikin perasaan tenang saat dipakai berkendara jarak jauh.

Jadi, teman-teman, kalau kalian punya motor matic, dan pengen motor itu awet puluhan tahun, plus tarikannya enak dan nyaman dikendarai. Menurut aku, 8 hal ini wajib kalian terapkan.

1. Ganti Oli Sesuai Rekomendasi

Oli mesin motor perlu diganti secara rutin karena oli berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pembersih kotoran pada mesin.

Seiring waktu, oli akan terkontaminasi oleh partikel-partikel kecil, panas, dan tekanan yang ada di dalam mesin. Jika sudah terkontaminasi, oli harus segera diganti. Jika tidak, oli yang terkontaminasi akan menyebabkan penurunan kinerja mesin, bikin komponen mesin bergesekan secara berlebihan, overheating, dan bahkan bisa menyebabkan kerusakan serius.

Itulah sebabnya kenapa kita disarankan mengganti oli mesin setiap 2 bulan sekali atau saat motor sudah mencapai jarak tempuh 2500 km atau maksimal 4000 km.

Tapi kalau kita memakai oli yang berkualitas tinggi, seperti oli yang menggunakan teknologi Ester. Biasanya, oli seperti ini masa pakainya lebih lama.

Sejauh yang saya tahu, perusahaan otomotif menyarankan kita untuk mengganti oli dengan teknologi Ester setiap 5000 km.

Selain bisa dipakai lebih lama, pelumas dengan teknologi Ester yang dikenal sebagai base oil tertinggi di kelas oli juga punya sejumlah kelebihan lain seperti,

  • Bisa diganti setiap 4 sampai 6 bulan sekali
  • Karena bisa dipakai lebih lama, itu artinya oli ini lebih ramah lingkungan
  • Lebih baik dalam membantu menjaga performa mesin
  • Tarikan motor jadi lebih enteng
  • Suhu mesin jadi lebih dingin

2. Harus Rutin Cek Ban

Apapun jenis ban yang kita pakai, entah itu ban tubeless atau ban biasa. Tekanan anginnya harus rutin dicek, terutama sebelum motor digunakan.

Gara-gara sering mengabaikan tekanan angin, dulu saya sering mengalami pecah ban di jalan. Nggak heran sih. Soalnya ban yang kurang angin akan menciptakan beban yang tidak merata pada ban. Di samping itu, ban juga akan mengalami over flexing (terlalu banyak melengkung) saat berputar. Juga kurang stabil dan bisa membuat tarikan motor jadi lebih berat.

3. Panaskan Sebelum Dipakai Meski Cuma Semenit

Untuk menjaga performa mesin, saya juga selalu berusaha untuk meluangkan waktu memanaskan motor, setidaknya 1 menit sebelum digunakan.

Jadi, meskipun sudah dipanaskan di pagi hari, motor akan kembali saya panaskan 30-60 detik sebelum digunakan kembali. Terutama kalau motor habis diistirahatkan lebih dari 2-3 jam.

Tujuannya adalah agar mesin motor mencapai suhu ideal dan agar pelumas (oli) tersebar merata sebelum motor siap digunakan.

Saya juga selalu menghindari membuka gas saat memanaskan motor. Membuka gas lebar-lebar atau yang sering diistilahkan dengan kata “memblayer” tidak pernah saya lakukan. Karena oli umumnya belum tersebar secara merata ketika motor baru dihidupkan.

4. Ganti van belt secara berkala

Motor matic tidak menggunakan rantai seperti motor konvensional. Yang digunakan pada motor matic untuk menggerakkan roda belakang adalah fan belt (V-Belt).

V-belt disarankan untuk diganti jika motor sudah mencapai jarak tempuh antara 20.000 hingga 40.000 km. Kalau kita tinggal di daerah-daerah yang berbukit atau di pegunungan yang jalannya menanjak, V-belt harus lebih rutin dicek dan diganti jika sudah retak-retak.

5. Jangan Lupa Ganti Oli Gardan

Fungsi oli gardan adalah untuk mengurangi gesekan antar komponen gigi pada gardan motor. Keberadaan oli akan mencegah keausan pada komponen gardan, dan sekaligus membantu menjaga suhu agar tetap dalam batas-batas yang aman.

Oli gardan motor matic umumnya perlu diganti antara 10.000 hingga 20.000 km. Atau, bisa juga diganti setiap setahun sekali.

6. Cek Air Radiator

Tidak hanya mobil yang membutuhkan air radiator untuk mendinginkan mesin. Motor juga memiliki air radiator.

Pada motor matic seperti Honda Vario 125 old punya saya, letak air radiatornya berada di bawah jok. Tepatnya di antara bagasi dan tangki bensin. Kondisi air radiator ini bisa kita lihat dari samping, atau melalui lubang kecil yang ada di samping body motor.

Waktu yang tepat untuk mengganti air radiator adalah setiap 9.000 atau 10.000 km.

7. Cek Kampas Rem Saat Servis

Setiap kali servis motor, jangan lupa meminta mekanik untuk mengecek kondisi kampas rem depan dan rem belakang. Karena keselamatan berkendara sangat dipengaruhi oleh sistem pengereman.

Pengereman yang bagus akan membantu motor berhenti lebih cepat untuk menghindari tabrakan. Dan, sebaiknya tidak disetel terlalu pakem supaya rem tidak mengunci terlalu dini. Rem yang terlalu pakem dapat meningkatkan risiko motor slip.

8. Motor Harus Rutin Tune Up

Tune up adalah servis rutin yang dilakukan untuk memeriksa dan memastikan motor dalam kondisi baik. Terutama, untuk memeriksa bagian-bagian yang berpengaruh pada performa keseluruhan motor.

Selama tune up, mekanik akan memeriksa hal-hal seperti: tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan bagian karburator, memeriksa ketegangan rantai, klakson, dan kondisi rem.

Jika mekanik menemukan hal-hal yang perlu diperbaiki atau diganti saat servis tune up motor, mekanik akan menginformasikan kita sambil menunjukkan bukti-bukti.

Jadi jangan khawatir! mekanik akan memberitahu kita terlebih dulu tentang hal-hal ini. Jika kita setuju, barulah mekanik akan melaksanakan perbaikan yang diperlukan. Singkatnya, tune up adalah cara untuk menjaga motor tetap aman dan berjalan dengan baik.

Rekomendasi Bengkel Servis Motor Terbaik

Setahu saya, Planet Ban adalah salah satu bengkel dengan kualitas dan pelayanan yang bagus. Kualitas service yang mereka tawarkan sangat detail. Karena itu, nggak mengherankan kalau motor yang habis diservis di Planet Ban mesinnya terasa seperti mesin baru.

Untuk mendapatkan service”‘mesin rasa baru ini,” mekanik di bengkel Planet Ban biasanya akan fokus mengecek dan memperbaiki bagian-bagian yang vital, termasuk bagian-bagian yang jarang diservis atau yang letaknya agak tersembunyi.

Selain menawarkan service yang memuaskan, oli motor matic yang mereka sediakan (rata-rata) adalah oli berkualitas. Salah satu jenis oli yang disediakan di bengkel-bengkel Planet Ban adalah oli dengan teknologi Ester yang memiliki berbagai kelebihan berikut ini:

  1. Dapat meningkatkan performa motor dan melindungi mesin sehingga mesin jadi lebih awet dan tidak mudah rusak
  2. Seperti yang telah saya sampaikan di atas, oli berteknologi ini akan membuat mesin lebih dingin dan tarikan jadi lebih enteng
  3. Lebih hemat, karena oli ini bisa digunakan hingga jarak tempuh 5000 km atau bisa diganti setiap 4 sampai 6 bulan sekali
  4. Karena tidak perlu sering-sering ganti oli, maka oli ini bisa dikategorikan sebagai oli yang ramah lingkungan

Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dengan Bengkel Lain

Perbedaan servis motor di Planet Ban dengan bengkel lain yang paling saya rasakan terletak pada biaya dan kualitas servicenya. Di Planet Ban, teknis selalu melakukan servis secara menyeluruh. Sehingga, kotoran maupun debu dan sisa pembakaran yang ada di mesin tak ada yang tersisa.

Beberapa contoh part mesin yang tidak akan luput dari servis di Planet Ban diantaranya adalah, blok CVT, kepala silinder, throttle body, klep mesin, dan juga piston.

Karena itu, nggak heran kalau motor setelah diservis di Planet Ban akan jadi lebih enteng tarikannya, emisinya juga bisa jadi sampai hingga 70%, lebih hemat BBM, kemudian, mesin jadi lebih bersih dan awet.

Seperti yang saya katakan tadi, biaya service di Planet Ban itu murah banget. Buat kamu yang kepingin mencoba servis di Planet Ban, saya kasih sedikit bocoran biaya service di bengkel ini.

Untuk service throttle body biayanya cuma Rp20.000 aja. Terus, kalau kita mau servis motor injeksi, biayanya juga Rp 20.000 juga. Sedangkan untuk service CVT sekaligus V-belt, cuma Rp 19.500.

Sekarang, setelah kamu tahu betapa pentingnya memeriksa kondisi motor dan komponennya secara teratur, cobalah ingat kapan terakhir kali kamu servis motor di bengkel? Kalau kamu merasa motormu sudah waktunya di-service, datang saja ke Planet Ban, di sana kamu akan mendapatkan layanan terbaik yang akan bikin motormu terasa seperti baru lagi.

22 comments for "Cara Merawat Motor Matic agar Awet Puluhan Tahun"

  1. Yup benar banget ya. Penting sekali untuk servis berkala

    ReplyDelete
  2. Meningkatnya kepopuleran motor matic. Ternyata tempat dan perawatan cukup mudah ya Kak...

    ReplyDelete
  3. Motor matic katanya malahan harus sering dirawat ya mba, BTW itu service di Planet Ban Murce banget yaa, mahalan harga bakso semangkuk di Ciputat hahaha

    ReplyDelete
  4. Cun ap, dulu aku sering dengar mamah aku ngomong itu. Tapi nggak ngerti kalau ternyata tune up haha. Motornya masih enak ya, wah usia motornya udah lumayan lama tapi masih greeeng enak karena rutin tune up. Memang motor yg dirawat itu awet ya mba, apalagi ke Planet Ban, spare part original

    ReplyDelete
  5. Motor maticku tahun 2012 juga masih enak dipakai karena sering servis. Belum pernah servis di planet ban sih karena belum ada yg dekat rumah. Tapi baru tau ternyata harga servis di sana terjangkau sekali ya. Padahal fasilitasnya bagus

    ReplyDelete
  6. Aku tuh nggak ngerti urusan servis motor. Biasanya suka pasrah aja ke bengkelnya. Pernah kena tipu juga. Makanya kalau buat perempuan, enaknya ke tempat servis yang terpercaya kayak Planet Ban gitu ya

    ReplyDelete
  7. Motor matic jg kyknya perawatannya lbh susah dari yang manual ya.Aku gak pernah pakai matic krn dari dulu gk bisa mengendarai matic hahaha. Tapi penah anter tmn yg servis matic-nya.
    Kalau servis di plabet Ban kyk lebih menyeluruh gitu diceknya ya? Apalagi buat yang gk terlalu paham motor bisa dicek teliti dan dikasi advice apa saja yang seharusnya diberesin.

    ReplyDelete
  8. motornya hampir sama kayak motor adek molly nih. Tuaan dua tahun doang. Sama2 sering diservis jadi awet nih motornya

    ReplyDelete
  9. Sebagai pecinta motor matic, saya harus tahu betul nih. Mana-mana yang harus selalu rutin diservice, jangan cuma makai doang merawatnya kagak. Hihihi

    ReplyDelete
  10. Kalau dirawat dengan baik, servis rutin, pasti motor matic bisa tetap awet meski bertahun-tahun ya mbak

    ReplyDelete
  11. Huhu aku nih yang sering kelupaan untuk ngecek berbagai hal tentang motor. Jadinya kadang motor ngadat. Payah nih. Untung sekarang suami yang selalu ngingetin untuk ngecek motor. Termasuk ganti olinya.

    ReplyDelete
  12. meski gak beda jauh dengan perawatan motor pada umumnya, perawatan motor matic yang menggunakan sistem pembakaran karbulator ataupun injeksi membutuhkan perawatan khusus yang lebih telaten ya

    ReplyDelete
  13. Hhaha, suka gelud ama temen perkara "Cewe ko ngerawat motor?"
    Iya doonk.. cewe zaman sekarang gituloo.. Kan juga tau kalo basic-basic perawatan motor. Apalagi kini ada Planet Ban. Makin mudah servis motor dengan aman dan nyaman.

    ReplyDelete
  14. Waduuhh iya ya, kapan nih terakhir servis motor? Kayaknya udah lamaaa hehehe... cuuzz ah ke Planet Ban terdekat biar motor tetap terjaga kondisi mesinnya.

    ReplyDelete
  15. Pak Suamik beberapa kali ganti motor, seumur-umur gak pernah ganti ke motor matic. Hahaha. Pas banget saya pun gak bisa tuh sama motor matic, berasa kagetan aja gitu. Tapi info ini boleh deh, jadi bekal kali aja suatu saat dapat rezeki motor matic ye kan~

    ReplyDelete
  16. Setahu saya Planet Ban hanya untuk ganti ban aja, ternyata bisa untuk servis laiinya juga.
    Mana cabangnya ada dimana-mana, jadi ngga perlu jauh-jauh.

    ReplyDelete
  17. cun ap, hihi... iya dong kalau motor sering dipakai juga perlu sering dirawat supaya makin awet. Harga jual bakal beda juga kan. Urusan perawatan motor langsung ke Planet Ban. Cabangnya banyak ya!

    ReplyDelete
  18. Setujuu sayapun pecinta motor matic...memang harus dirawat dengan rutin supaya mesinnya terjaga dg baik...planet ban salah satu tmp langgananku service motor juga

    ReplyDelete
  19. hihi jadi merasa tersindir nih aku soalnya termasuk yang jarang service motor padahal itu salah satu kunci motor yang bisa awet dan enak dipakai sampai bertahun-tahun ya, mak

    ReplyDelete
  20. oh ternyata memanaskan mesin motor sebelum digunakan bermanfaat juga buat memperpanjang ketahanan mesinnya ya. Kalau saya selama ini, begitu mesin hidup, ya langsung gas aja jalan

    ReplyDelete
  21. Setuju mba penting sekali service berkala kendaraan kita. Alhamdulillah motorku awet sekali karena rajin service dari dulu. Beberapa kali juga ganti ban ke planet ban service nya oke dan pelayanannya juga mantep memang

    ReplyDelete
  22. Saat ini motor Beatku baru berusia 8 tahunan, mau nyoba nih bisa sampai puluhan tahun nggak ya kalau servisnya berkala dan dirawat dengan baik.

    ReplyDelete