Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluang Membuka Apotek di Bangkalan

Bangkalan adalah sebuah Kecamatan sekaligus ibukota Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Sejak Jembatan Suramadu resmi beroperasi, Bangkalan secara otomatis menjadi pintu gerbang utama bagi siapapun yang berencana untuk masuk ke Pulau Madura melalui jalur darat.

Tidak dipungkiri pula bahwa, sejak Jembatan Suramadu mulai digunakan, Bangkalan berkembang dengan sangat pesat.

Sehingga, tak mengherankan apabila prospek bisnis di kota ini terbilang sangat cerah dan menjanjikan.

Salah satu sektor bisnis yang digadang-gadang punya prospek cerah untuk dikembangkan di Bangkalan adalah apotek.

Prospek Membuka Apotek di Bangkalan?

Menurut beberapa sumber yang saya baca, potensi industri farmasi di Indonesia sangatlah bagus.

Setiap tahun, setidaknya industri Farmasi Indonesia membelanjakan uang hingga 400 triliun Rupiah untuk membeli obat-obatan.

Sedangkan pengeluaran 275 juta masyarakat Indonesia per kapita per bulan rata-rata sekitar 1,8 juta. Diperkirakan, 40 hingga 50 persen dari pengeluaran tersebut merupakan belanja obat-obatan.

Karena itu, nggak heran kalau revenue industri Farmasi Indonesia untuk membeli obat-obatan bisa mencapai 400 triliun Rupiah per tahun.

Lalu bagaimana dengan Kota Bangkalan?

Menurut sensus penduduk tahun 2015, jumlah penduduk Bangkalan mencapai 953,659 jiwa.

Jumlah penduduk Bangkalan yang nyaris mendekati 1 juta jiwa ini tentu saja merupakan peluang yang cukup besar bagi apoteker yang ingin membuka apotek di kota yang dijuluki dengan julukan “Bumi Dzikir dan Shalawat” ini.

Adapun jumlah Apotek atau Farmasi yang ada di Kota Bangkalan hingga saat tulisan ini dimuat kurang lebih 31 buah. Itu artinya, peluang membuka apotek di kota ini masih terbuka lebar.

Bagaimana Cara Membuka Apotek di Bangkalan?

Peluang bisnis membuka apotek juga terkesan menjanjikan karena tidak semua orang bisa dengan bebas membuka apotek.

Untuk bisa mendirikan Apotek, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi, diantaranya adalah,

  • Surat Izin kerja Apoteker
  • Ijazah Apoteker dan asisten Apoteker
  • Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian (STRTTK)
  • Surat Ijin Praktek Apoteker (SIPA), dll

Informasi mengenai syarat dan regulasi ataupun rekomendasi STRTTK hingga SIPA, salah satunya bisa diperoleh melalui website Pafibangkalan atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Bangkalan.

Tidak hanya bisa memperoleh informasi-informasi penting yang berkaitan dengan rekomendasi STRTTK, di website Pafi Bangkalan, Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar lowongan kerja di bidang farmasi untuk apoteker, informasi seminar-seminar, berita-berita terbaru, dan berbagai informasi penting lainnya.

Menjadi anggota PAFI Bangkalan juga akan memberikan banyak keuntungan lain. Salah satunya adalah, pertumbuhan bisnis yang lebih cepat.

Pasalnya, dengan menjadi anggota PAFI Bangkalan, Anda bisa menggandeng rekan sejawat guna menciptakan jaringan yang akan meningkatkan akselerasi pertumbuhan bisnis.

Membangun jaringan bisnis adalah sebuah keniscayaan di era modern ini. 50% perusahaan di dunia kini sudah lebih mengintensifkan model bisnis kolaborasi dengan membangun ekosistem jaringan.

Contohnya adalah perusahaan Pfizer dan BioNTech yang kini sudah menjalin kemitraan strategis untuk menciptakan teknologi mRNA.

Begitu pula dengan AstraZeneca dan Huma yang juga berkolaborasi dalam meningkatkan inovasi di dunia kesehatan digital.

Secara logika, jika Anda ingin membuka apotek di Bangkalan, tentu akan terasa lebih mudah bila Anda bergabung menjadi anggota Pafi Bangkalan.

Untuk mengajukan izin mendirikan apotek di Bangkalan, Anda bisa langsung mengajukannya ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangkalan melalui Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang kini bisa diakses melalui aplikasi online.

Yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Membuka Apotek di Bangkalan

Untuk membuka sebuah Apotek memang sulit. Namun apabila kita mengikuti regulasi yang telah ditetapkan, tentu prosesnya pun akan jadi terasa lebih mudah.

Terlebih, Dinkes Bangkalan kini semakin ketat dalam mengawasi perizinan pendirian apotek.

Sebagai lembaga yang berperan penting dalam mengatur perizinan fasilitas kesehatan (faskes), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangkalan tentu saja akan mengawasi dengan ketat izin apotek.

Khususnya untuk hal-hal yang berkaitan dengan, peralatan yang tersedia, tempat penyimpanan obat, penataan ruang, pelayanan, dan juga kompetensi penanggung jawab.

Singkatnya, jika anda menginginkan proses pendirian apotek yang lancar di Bangkalan, setidaknya anda harus menjadi anggota Pafi Bangkalan dan memenuhi berbagai standar dari Kementerian Kesehatan seperti yang telah saya sebutkan di atas tadi.

Penutup

Membuka apotek di Bangkalan bukan hanya soal peluang bisnis semata, tetapi, ini adalah kesempatan bagi lulusan Farmasi untuk berkontribusi pada kesehatan masyarakat.

Dengan dedikasi dan pelayanan yang dilakukan dengan sepenuh hati, apotek yang Anda dirikan akan menjadi pilar penting dalam memberikan akses kesehatan yang mudah dan berkualitas bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat Bangkalan.

Dengan semangat dan profesionalismenya, saya yakin lulusan Farmasi akan lebih mudah meraih kesuksesan dalam membangun apotek di Bangkalan, dan juga pasti akan membawa banyak manfaat bagi masyarakat di sana.



Post a Comment for "Peluang Membuka Apotek di Bangkalan"