Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kiat Memilih Lemari Plastik yang Bagus

Setiap orang pasti ingin rumahnya terlihat menarik agar terasa nyaman saat ditempati. Selain dengan memberikan sentuhan desain interior yang menarik, rumah juga bisa diperindah dengan menempatkan berbagai macam perabot yang berkualitas.

Bisa dibilang, lemari adalah salah satu jenis perabot yang tidak pernah akan terlewatkan. Pasalnya, perabot yang satu ini sangat dibutuhkan untuk menyimpan berbagai macam barang maupun benda di rumah.

Entah itu, untuk menyimpan barang-barang yang sengaja ingin disembunyikan maupun untuk menyimpan barang-barang agar tidak mudah kotor atau berdebu.

Terlepas dari peruntukannya. Setiap orang pasti menginginkan lemari yang bagus dan cocok dengan desain interior rumahnya. Selain bisa membuat interior rumah terlihat lebih menarik, lemari yang bagus juga akan menjadi tempat yang aman untuk menyimpan barang-barang agar lebih awet.

Lemari Plastik

Seperti yang kita tahu, material untuk membuat lemari sebenarnya sangat beragam. Ada lemari yang terbuat dari bahan metal atau besi, kayu, kaca, serta plastik.

Masing-masing bahan memiliki kekurangan dan kelebihan. Karena itu, sebelum memilih lemari yang terbuat dari material tertentu, kita harus menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Lemari yang terbuat dari material plastik, atau yang lebih akrab kita sebut "lemari plastik," adalah salah satu alternatif ruang penyimpanan yang terbilang praktis dan harganya paling terjangkau.

Kelebihan Lemari Plastik

Seperti yang saya katakan di atas, berdasarkan bahan pembuatannya, setiap lemari pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Khusus untuk lemari plastik, berikut adalah beberapa kelebihannya.

  • Materialnya ringan. Bobotnya yang ringan akan memudahkan kita untuk memindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Karena itu, kalau kamu sering berpindah-pindah tempat, misalnya karena ngekos atau ngontrak rumah, memilih lemari yang terbuat dari plastik adalah pilihan tepat
  • Anti rayap. Salah satu musuh lemari berbahan kayu adalah rayap. Jika ingin pakaian aman dari rayap, memilih lemari plastik atau lemari yang terbuat dari kaca serta besi adalah ide bijak
  • Perawatannya mudah. Merawat lemari plastik lebih mudah daripada lemari kayu ataupun lemari besi. Lemari plastik bisa dicuci saat kotor tanpa khawatir akan berkarat atau lapuk
  • Harganya murah. Jika dibandingkan dengan lemari kayu yang terbuat dari kayu jati dan berbagai kayu berkualitas lainnya, harga lemari plastik yang bagus sudah pasti jauh lebih terjangkau
  • Lebih mudah dibongkar pasang. Sebagian besar lemari plastik yang ada di pasaran didesain agar mudah dibongkar pasang. Selain bertujuan untuk memudahkan pengiriman, ini juga akan memudahkan kita untuk merapikannya saat tidak dibutuhkan. Sehingga tidak akan memakan banyak tempat dan bisa disimpan dengan aman di gudang
  • Tahan lembab. Pilihan lemari terbaik untuk tempat-tempat yang lembab adalah lemari plastik. Karena lemari ini tahan terhadap kelembaban yang tinggi

Tips Memilih Lemari Plastik yang Bagus

Kualitas lemari plastik yang dijual di pasar sangat beragam. Ada yang kualitasnya biasa-biasa saja, dan ada pula yang sangat bagus.

Lemari plastik yang bagus sudah pasti ditawarkan dengan harga yang lebih mahal. Meski demikian, dengan harga yang lebih mahal, kita akan mendapatkan lemari yang,

  • Terbuat dari material tebal, kokoh, dan tidak mudah rusak
  • Pengerjaannya lebih rapi sehingga terasa lebih halus
  • Menawarkan desain yang lebih mewah
  • Memiliki nilai estetik yang lebih baik
  • Ditawarkan dengan warna-warna yang elegan

Untuk mendapatkan lemari plastik yang bagus, selain melihat harganya, kita juga sebaiknya mempertimbangkan beberapa poin berikut ini.

1. Lemari yang terbuat dari material ramah lingkungan

Dalam memilih lemari yang materialnya ramah lingkungan, kita harus melihat beberapa hal.

Yang pertama, material lemari tersebut tidak boleh terbuat dari bahan yang beracun dan harus aman meski ditempatkan di tempat yang tergenang air atau lembab.

Pada umumnya, lemari plastik yang aman tidak berbau menyengat sehingga tidak mempengaruhi kualitas udara di ruangan, nilai formaldehida-nya sangat rendah (umumnya 0.000 mg/m3), Begitu juga dengan nilai TVOC-nya juga harus sangat rendah

2. Harus bisa memenuhi kebutuhan

Seperti halnya lemari kayu, lemari plastik juga ada yang tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk. Mulai dari, lemari plastik 2 pintu, 3 pintu, ada juga yang didesain dengan bentuk seperti laci dan berbagai kombinasi lainnya.

Jadi, cobalah untuk memilih lemari plastik yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah gambaran peruntukan lemari sesuai dengan desainnya yang bisa kamu jadikan sebagai acuan.

  • Lemari plastik berbentuk laci. Cocok digunakan untuk menyimpan sepatu atau bahan-bahan ringan berukuran kecil seperti pakaian anak, boneka, hingga makanan ringan
  • Lemari plastik berpintu. Adalah pilihan tepat untuk menempatkan pakaian yang dilipat maupun peralatan kosmetik. Lemari plastik berpintu juga ada bisa digunakan untuk menggantung pakaian

3. Perhatikan kekuatannya

Lemari plastik yang bagus ditandai dengan bingkainya yang tebal sehingga strukturnya lebih stabil dan kokoh. Pada umumnya, lemari plastik yang bagus tiap raknya bisa menampung beban antara 10-15 Kg.

4. Hasil finishing-nya halus

Memilih lemari plastik yang bagus juga harus mempertimbangkan finishing-nya. Karena finishing yang halus akan membuat orang yang menggunakan lemari merasa lebih nyaman dan aman.

Sebab, meski terbuat dari bahan plastik, jika finishing-nya tidak bagus, bagian yang kasar dan tajam dari lemari tersebut bisa saja melukai orang yang menggunakannya.

Rekomendasi Lemari Plastik yang Bagus

Meskipun pilihan lemari plastik yang bagus saat ini sudah semakin banyak. Namun kadang, tidak mudah untuk menemukan yang benar-benar berkualitas.

Saya sendiri tidak begitu berpengalaman dalam memilih lemari plastik yang bagus. Meski demikian, setiap kali ingin mencari lemari plastik, saya biasanya akan mencoba melihat beberapa referensi di website.

CekList.ID adalah salah satu contoh website yang menyediakan banyak ulasan produk berkualitas. Selain banyak mengulas peralatan elektronik seperti hp, tablet, dan komputer, mereka juga banyak mengulas produk-produk rumah tangga.

Mereka juga punya artikel yang secara khusus mengulas tentang lemari plastik yang bagus. Tidak hanya lemari plastik model laci, mereka juga mengulas beberapa lemari menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti, lemari plastik yang menyediakan gantungan baju, kemudian ada juga lemari plastik 3 pintu, serta lemari plastik untuk anak berbentuk storage box.

Karena itu, kalau kamu ingin mencari pilihan lemari plastik yang bagus, saya sarankan kamu untuk mengunjungi website CekListID dengan mengklik link yang sudah saya cantumkan tadi.

Post a Comment for "Kiat Memilih Lemari Plastik yang Bagus"