Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menghasilkan Uang dari Internet

Internet memang tak ubahnya seperti pisau bermata dua. Jika tidak digunakan dengan bijak, internet akan sangat merugikan. Sebaliknya, apabila bisa dimanfaatkan dengan bijak, internet akan sangat menguntungkan.

Jika digunakan dengan benar, manfaat internet akan sangat banyak. Salah satunya, bisa membantu mengasah kreativitas dan membuat segala hal yang kita lakukan jadi lebih mudah.

Tidak terkecuali ketika kita ingin menghasilkan uang. Dengan bantuan internet, siapapun bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Dan, dengan internet, kita bisa bekerja dari mana pun dan kapanpun kita mau.


Tips Menghasilkan Uang dari Internet

Jauh sebelum internet hadir seperti saat ini. Berbagai kegiatan yang dapat menghasilkan uang sebenarnya sudah sering dilakukan oleh sebagian orang.

Mulai dari, kegiatan seperti menulis, melukis, bernyanyi, berjualan, dan berbagai kegiatan-kegiatan yang dapat menghasilkan uang lainnya, sebenarnya sudah ada jauh sebelum internet hadir.

Intinya, kita nyaris tidak kekurangan pilihan cara untuk menghasilkan uang.

Hanya saja, dengan kehadiran internet dan berbagai teknologi pendukungnya seperti smartphone atau laptop (komputer), membuat berbagai cara menghasilkan uang tersebut, kini jadi jauh lebih mudah.

Apalagi, saat ini tarif internet sudah semakin murah. Sehingga, biaya untuk mengembangkan bisnis atau usaha pun jadi jauh lebih murah.

Seperti tarif internet yang ditawarkan oleh Telkom  melalui salah satu produk mereka yang kita kenal dengan sebutan IndiHome (Indonesia Digital Home).

IndiHome merupakan salah satu penyedia jaringan internet termurah di Indonesia. Tarif IndiHome paling murah sekitar Rp. 275.000.

Dengan membayar 275K kita akan memperoleh paket 2P (internet + telepon) dengan kecepatan 20 Mbps yang kuotanya mencapai 400 GB per bulan.

Dengan kuota yang besar dan jaringan yang cukup cepat. Satu keluarga bisa menggunakan internet tersebut untuk meningkatkan kreativitas dan menghasilkan uang melalui berbagai metode.

Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari ide bisnis tertentu, Anda bisa mencoba beberapa ide bisnis berikut ini untuk menghasilkan uang.

1. Menjadi Bloger atau Penulis Buku Buat yang Suka Menulis

Saya adalah seorang bloger sekaligus content writer. Selain blog pabriktips.com ini, saya juga punya beberapa blog lainnya yang saya isi dengan berbagai macam konten.

Saya punya blog yang khusus digunakan untuk menulis tema lifestyle, kemudian ada juga blog yang khusus saya gunakan untuk menulis tentang teknologi, dan ada juga blog lainnya saya gunakan untuk jualan artikel.

Saya memutuskan untuk menjadi seorang bloger karena saya merasa suka membaca dan suka menulis atau berbagi.

Nah, bagi kalian yang kebetulan suka menulis atau suka membaca. Tidak ada salahnya untuk mencoba profesi menjadi bloger untuk menghasilkan uang.

Kegiatan menulis di blog bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan, dan bisa juga dijadikan sebagai pekerjaan utama seperti yang saya lakukan.

Lalu, darimana seorang bloger bisa dapat uang? Kira-kira itulah pertanyaan yang mungkin ada di benak kalian saat ini.

Berikut adalah beberapa daftar sumber penghasilan seorang bloger.

  1. Jualan backlink. Backlink adalah sebuah link atau tautan yang biasanya ada di dalam sebuah artikel. Harga satu backlink bervariasi antara antara puluhan hingga jutaan rupiah. Biasanya, harga backlink ditentukan oleh DA (domain authority) dan popularitas blog/web
  2. Review produk. Banyak kantor atau perusahaan di luar sana yang ingin mempromosikan produk mereka. Untuk mempromosikan produk, selain melalui iklan di TV, YouTube, social media seperti Facebook, dan Google Search, banyak juga vendor-vendor yang mempromosikan produk mereka melalui blog
  3. Jual artikel. Menjadi blogger akan membuat kita terbiasa menulis. Tulisan-tulisan yang kita hasilkan, tidak hanya bisa dipublish di blog yang kita miliki, tapi juga bisa dijual kepada blogger lain, melalui Fiver, dan lain sebagainya
  4. Endorsement. Endorsement mirip-mirip dengan review produk. Selain bisa dapat uang, dapat endorse-an juga memungkinkan kita sebagai bloger memperoleh produk secara gratis. Entah itu skin care, kosmetik, pakaian, gadget, dan lain sebagainya
  5. Google AdSense. Sumber penghasilan blogger lainnya adalah dari aksen atau iklan
  6. Afiliasi. Jika kita memiliki platform yang traffic atau kunjungannya sangat ramai seperti blog atau sosial media, kita bisa memanfaatkannya untuk berbisnis afiliasi. Secara khusus, bisnis afiliasi akan saya bahas pada poin nomor 3

Hanya saja, kalian harus tahu bahwa, uang yang dihasilkan dengan menjadi blogger tidak instan. Karena butuh waktu sampai blog yang kita bangun benar-benar bisa menghasilkan.

Intinya, blog harus rutin diisi dengan tulisan yang berkualitas agar popularitasnya terus menanjak. Lalu, jangan lupa membeli domain serta bergabung dengan komunitas komunitas blogger agar lebih mudah dapat job.

2. Menjadi dropshipper

Jika ingin dapat uang dari internet yang lebih instan, kamu bisa mencoba menjadi dropshipper.

Buat kamu yang belum begitu paham tentang dropshipper, ini adalah sebuah metode berjualan yang belakangan mulai populer akibat aktivitas belanja masyarakat di toko online yang semakin meningkat.

Kata lain dari dropshipper adalah broker. Jadi, siapapun bisa menjadi dropshipper. Yaitu, menyediakan atau menjual barang yang dimiliki oleh pedagang (supplier) lain dengan harga yang kita tentukan sendiri.

Barang dari supplier yang dijual oleh dropshipper akan dijual atas nama dropshipper. Bukan atas nama supplier meskipun barang tersebut dikirim oleh supplier.

Jadi, bisnis ini adalah salah satu pilihan bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal besar atau hanya bermodalkan internet aja.

3. Cara Menghasilkan Uang dari Internet dengan Metode Afiliasi

Affiliate marketing apa yang lebih akrab disebut "afiliasi" saja, metode pemasaran paling populer untuk menghasilkan uang secara online.

Bagaimana cara kerja afiliasi?

Cara memperoleh uang dari kegiatan afiliasi adalah dengan mempromosikan produk orang lain atau yang berasal dari online shop tertentu.

Kita sebagai affiliator akan mendapatkan komisi jika ada barang yang terbeli melalui link yang kita bagikan.

Oleh karena itu, untuk berbisnis affiliasi, kita harus memiliki platform sebagai media untuk menempatkan link afiliasi produk. Bisa berupa blog atau sosial media.

Sebagian besar toko online di Indonesia bisa dijadikan sebagai mitra afiliasi.

Kesimpulan

Jika ingin menghasilkan uang dari internet. Terlebih dahulu kita harus menggali potensi yang ada pada diri kita pribadi.

Kemudian, asah potensi tersebut dengan belajar lebih jauh melalui kursus atau dengan mengikuti seminar. Atau, Kita juga bisa belajar secara otodidak karena saat ini sudah semakin banyak tips dan trik menghasilkan uang di internet yang dibagikan melalui YouTube, blog, atau sosial media.

Selain harus memiliki gadget seperti laptop ataupun smartphone. Menghasilkan uang dari internet juga membutuhkan jaringan internet.

Nah, karena menghasilkan uang lewat internet membutuhkan koneksi yang cepat dan seringkali membutuhkan kuota yang besar, maka berlangganan internet kabel seperti IndiHome yang ditawarkan oleh Telkom Indonesia bisa menjadi pilihan tepat.

Saya sendiri juga berlangganan IndiHome di rumah, karena saya merasa ini adalah internetnya Indonesia yang tarifnya paling ramah kantong, koneksinya stabil, proses izin pemasangannya mudah dan tidak berbelit-belit, serta menawarkan speed dan kuota internet yang memadai untuk bisnis online.

Post a Comment for "Tips Menghasilkan Uang dari Internet"