Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Deodorant yang Bagus untuk Ketiak Basah dan Bau


Ketiak yang sering basah dan bau sebenarnya bisa diatasi dengan menggunakan deodorant yang bagus. akan tetapi, deodorant penghilang bau ketiak manakah yang paling bagus?

Deodorant yang Bagus untuk Ketiak Basah dan Bau

Selain menggunakan deodorant, adakah cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengatasi ketiak basah dan bau ketiak?

Deodorant yang bagus untuk ketiak basah dan bau


Sebelum kita membahas beberapa pilihan deodorant yang bagus untuk mengatasi ketiak basah dan bau. akan lebih baik apabila kita Membahas terlebih dahulu apa saja yang menjadi faktor penyebab ketiak basah dan bau tersebut. Dengan begitu, kita akan lebih mengatasinya dan sangat mungkin untuk mencegahnya.

Penyebab Ketiak Bau


Ketiak bau atau yang dikenal dengan sebutan bau badan (body odor) pasti membuat kita merasa minder. tapi kamu tidak perlu merasa khawatir. pasalnya, bau ketiak yang tidak enak bisa diatasi dengan mengambil langkah-langkah pencegahan.

Seperti yang kita tahu, tubuh kita dipenuhi kelenjar keringat karena berkeringat bisa membantu mendinginkan tubuh. kelenjar keringat sendiri terdiri atas dua jenis yaitu, kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin.

Kelenjar ekrin berada di sebelah besar tubuh kita dan terbuka langsung ke permukaan kulit. sebaliknya, kelenjar apokrin biasanya terdapat di area yang banyak terdapat folikel rambut. seperti di ketiak dan selangkangan. tidak seperti kelenjar ekrin, kelenjar apokrin tidak terbuka ke permukaan kulit karena tertutup folikel rambut.

Apabila tubuh kita panas atau gerah, kelenjar ekrin akan keringat untuk mendinginkan tubuh. kelenjar tersebut biasanya tidak berbau. bau akan muncul apabila kering dipecah oleh bakteri.

Makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari serta beberapa jenis obat bisa mempengaruhi bau keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar ekrin.

Kelenjar apokrin juga bisa mengeluarkan cairan tak berbau dan akan berbau apabila bersinggungan dengan bakteri di kulit. khusus untuk kelenjar apokrin, kelenjar ini tidak akan bekerja sampai kita mengalami masa pubertas. Itulah sebabnya mengapa bau badan sering dialami oleh anak remaja dan orang dewasa.

Meskipun dianggap normal, beberapa orang berkeringat banyak dari biasanya. berkeringat secara berlebihan dalam dunia medis disebut dengan istilah hiperhidrosis.

Orang yang mengalaminya bisa berkeringat secara berlebihan di area tangan, kaki hingga ketiak.

Penyebab Ketiak Basah


Dari ulasan singkat diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa penyebab ketiak bau adalah, keringat yang bersinggungan dengan bakteri. jadi, jika ingin mengatasi bau badan atau mencegah bau ketiak, kita harus bisa mencegah agar tidak berkeringat secara berlebihan.

penyebab ketiak basah dan cara mengatasinya

Ada beberapa cara mencegah agar tidak berkeringat. beberapa diantaranya adalah pengobatan alami yang dapat membantu mengurangi atau menghilangkan keringat berlebihan di ketiak. seperti misalnya:

  • Mencukur bulu ketiak dapat membantu mengurangi keringat berlebihan. Karena pada dasarnya, rambut bisa kelembaban.
  • Jangan langsung berpakaian setelah mandi. menurut para ahli, mandi air panas atau tinggal di daerah yang beriklim panas lembab seperti di Indonesia mengharuskan kita untuk tidak langsung berpakaian setelah mandi. kita diharuskan untuk menunggu beberapa menit dan membiarkan tubuh menjadi dingin dan kering sebelum mengenakan pakaian. cara ini bisa membantu mencegah ketiak berkeringat dan bau

    Deodorant penghilang bau ketiak

  • Dari makanan yang memicu keringat. makanan pedas dan panas adalah 2 jenis makanan serat memicu tubuh kita berkeringat secara berlebihan. bahkan, Tak jarang makanan pedas dan panas membuat kita berkeringat lebih banyak dibandingkan dengan saat bekerja. beberapa contoh makanan dan minuman yang bisa memicu ketiak berkeringat di antaranya adalah makanan yang membutuhkan proses seperti makanan yang rendah serat, bawang putih dan bawang bombay, makanan yang mengandung banyak lemak, serta es krim

    Berkeringat makan pedas dan panas

  • Konsumsi makanan yang bisa membantu mengurangi keringat. ada beberapa makanan yang secara efektif bisa membantu mengurangi produksi keringat di tubuh atau membuat kelenjar keringat tidak terlalu aktif. yang tidak membebani sistem pencernaan seperti:
    • Air putih
    • Susu dan produk susu serta keju atau makanan yang mengandung kalsium tinggi
    • Pisang
    • Sayur dan buah-buahan dengan kadar air yang tinggi seperti semangka Melon, Anggur, bayam, brokoli, kembang kol, terong, hingga paprika
    • Minyak zaitun
    • Ubi jalar
    • Teh hijau
    • Gandum
  • Perbanyak minum air putih karena air putih agar tubuh tetap terhidrasi. menjaga tubuh tetap terhidrasi akan membuat tubuh Tetap sejuk dan dapat membantu mencegah ketiak berkeringat
  • Gunakan pakaian-pakaian yang longgar dan bisa membantu kulit bernafas. menggunakan pakaian yang terlalu ketat terutama pakaian yang ketat di bagian ketiak membuat kita mudah berkeringat. selain memilih pakaian yang agak longgar, cobalah memilih pakaian yang terbuat dari kain kain yang dapat untuk kulit bernafas seperti kain katun
  • Kurangi kafein. kebiasaan ngopi juga bisa menyebabkan . Karena pada dasarnya, mengkonsumsi makanan atau minuman yang berkafein akan menyebabkan tekanan darah meningkat. tekanan darah yang naik akan membuat detak jantung bertambah kuat yang pada akhirnya akan membuat kelenjar keringat aktif
  • Kendalikan emosi. stres secara psikologis atau emosi dan kecemasan bisa menyebabkan jantung memompa lebih banyak darah dan menyebabkan darah mengalir deras hingga menyebabkan tubuh menjadi terasa panas dan berkeringat
  • Gunakan deodorant atau antiperspirant. antiperspirant sebaiknya digunakan pada kulit yang kering. jadi, cobalah untuk tidak menerapkan deodorant ketika ketiak berkeringat atau masih lembab setelah mandi

10 rekomendasi deodorant untuk basah dan bau


Deodorant yang bagus untuk ketiak basah bau dan bau adalah deodoran yang bisa membantu mengurangi jumlah keringat menutup sementara pori-pori yang mengeluarkan keringat. sebagian besar deodoran berguna untuk mencegah bau keringat tidak bisa menghentikan keringat.

Beberapa deodoran dibuat dari bahan dasar alkohol untuk menciptakan keasamaan pada kulit yang dapat membantu pertumbuhan bakteri. bagi kamu yang mengalami masalah dengan ketiak basah dan bau, kamu bisa mencoba 10 rekomendasi deodorant yang bagus berikut ini.

1. The Body Shop Aloe Caring Roll-On Deodorant


Ini adalah pilihan deodorant untuk para cewek yang sering merasa ketek mudah berkeringat. The Body Shop Aloe Caring Roll-On Deodorant, sepertinya namanya yang bisa membantu mendinginkan permukaan kulit sehingga ketiak tidak akan mudah berkeringat.

The Body Shop Aloe Caring Roll-On Deodorant

Saya merekomendasikan deodoran untuk mencegah ketiak berkeringat ini karena selain terbuat dari bahan organik, deodoran yang bagus ini juga tidak menyebabkan iritasi kulit, tidak meninggalkan noda di pakaian, tidak mengandung pewarna dan parfum, serta tidak mengandung pengawet.

2. Underarmed Active Botanical Luxury Deodorant


Di atas, dijelaskan bahwa, salah satu cara untuk mengurangi ketiak basah adalah dengan cara mencukur bulu ketiak. akan tetapi, mencukur bulu ketiak bisa menimbulkan masalah baru. salah satunya adalah, bisa bikin ketiak jadi terasa gatal dan iritasi.

Underarmed Active Botanical Luxury Deodorant

Perasaan tidak nyaman akibat gatal dan iritasi justru bisa membuat kita makin berkeringat. tidak iritasi, kamu bisa mencoba menggunakan Underarmed Active Botanical Luxury Deodorant.

Deodoran ini mengandung soda, minyak kelapa, minyak alpukat, dan beeswax. selain bisa mencegah dan mengatasi iritasi kulit akibat mencukur bulu ketiak, deodorant yang pewangi alami lavender dan cucalyptus ini juga bisa membuat terasa lebih segar.

Oh ya, deodorant yang satu ini juga diperuntukkan buat cewek. bagi kamu yang cowok, kamu bisa mencoba rekomendasi deodorant yang bagus untuk ketiak basah dan bau di bawah ini.

3. Rexona Men Roll On - Sport Defence


Buat kamu para cowok yang menginginkan deodorant penghilang bau ketiak, saya pribadi menyarankan Rexona Men roll On Sport Defence.

Rexona Men Roll On - Sport Defence

Deodorant ini selain efektif mencegah keringat berlebihan juga bisa membantu menghilangkan bau badan saat kita melakukan aktivitas berat atau Apabila tubuh kita sangat mudah berkeringat.

4. Roll On Deodorant merk Adidas Deep Energy


Roll On Deodorant merk Adidas Deep Energy

Adidas Deep Energy Roll On merupakan deodorant yang bagus untuk ketiak basah lainnya yang saya rekomendasikan. deodorant dengan merek appeal olahraga ini memiliki aroma yang segar dan bisa bertahan hingga 6 atau 10 jam. jadi, sangat cocok bagi kamu yang sering bekerja keras atau suka berolahraga.

5. Dove Men Care Elements Deodorant


Dove Men Care Elements Deodorant

Kalau kamu nggak suka menggunakan deodorant roll on, kamu bisa mencoba deodorant stick merk Dove Men Care Elements. deodoran untuk pria ini merupakan salah satu deodorant terbaik yang bisa membantu mencegah keringat dan bau badan.

Saya menyarankan deodorant ini karena selain efektif mencegah bau badan dan keringat, Dove Men Care Elements juga bisa membantu melembabkan kulit sehingga ketiak terasa lebih nyaman di samping tidak meninggalkan noda di baju.

6. Sebamed Balsam Deodorant Roll-On untuk Cewek


Buat kamu cewek-cewek yang aktif beraktivitas di luar ruangan dan sering berolahraga serta punya kulit yang sensitif, jangan ragu mencoba deodorant Sebamed Balsam.

Sebamed Balsam Deodorant Roll-On untuk Cewek

Deodoran ini bisa mencegah bau ketek dan efektif mengurangi intensitas keringat di ketiak.

7. Deodorant Tarte Clean Queen Vegan


Deodorant Tarte Clean Queen Vegan

Deodorant cewek untuk kulit sensitif lainnya yang saya rekomendasikan adalah merek Tarte Clean Queen Vegan. saya merekomendasikan deodoran ini buat kamu yang punya kulit sensitif karena tidak mengandung alkohol dan tidak mengandung aluminium.

8. Nivea Men Deodorant Fresh Active Spray


Nivea Men Deodorant Fresh Active Spray

Kalau kamu kurang suka pakai deodorant roll on atau model stick, kamu bisa mencoba menggunakan deodorant spray. salah satu yang saya rekomendasikan adalah merk Nivea Men.

Nivea Men Deodorant Fresh Active Spray selain memiliki aroma yang segar dan wangi juga bisa membantu mencegah di ketiak serta mencegah bau badan.

9. Axe Gold Temptation Deodorant Bodyspray


Axe Gold Temptation Deodorant Bodyspray

Pilihan deodorant spray lainnya untuk cowok adalah Axe Gold Temptation Deodorant Bodyspray. ini adalah pilihan deodorant dengan wangi yang mewah dan segar serta sangat maskulin.

10. Adidas 6 in 1 Cool & Care for Women


Buat kamu remaja cewek yang menginginkan deodorant spray dengan wangi yang lembut dan segar, kamu bisa mencoba Adidas 6 in 1 Cool & Care for Women.

Adidas 6 in 1 Cool & Care for Women

Deodorant ini selain punya wangi yang lembut dan bikin ketiak jadi lebih segar, juga tidak lengket di kulit dan wanginya pun lumayan tahan lama. ini merupakan deodorant yang bagus untuk ketiak basah dan bau paling saya rekomendasikan bagi kamu yang menginginkan deodorant spray.

Kesimpulan


Penyebab utama bau badan atau bau ketiak adalah karena keringat yang bercampur dengan bakteri. dengan mengurangi intensitas keringat di ketiak, otomatis akan mengurangi bau badan atau bau di ketiak.

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mencegah agar tubuhmu tidak berkeringat, terutama di area ketiak, misalnya: dengan mencukur bulu ketiak, menghindari makanan pedas dan panas, konsumsilah makanan yang mudah dicerna, hindari makanan berlemak, perbanyak makan sayur dan buah-buahan yang banyak mengandung air, kenakan pakaian yang nyaman dan bisa membantu kulit bernafas, serta untuk mencegah bau ketiak dan mencegah ketiak basah.

Post a Comment for "10 Deodorant yang Bagus untuk Ketiak Basah dan Bau"