Menggali Segala Manfaat Lidah Buaya (Aloe Vera)

Menggali Segala Manfaat Lidah Buaya (Aloe Vera)

Beberapa tahun belakangan ini, pembahasan mengenai manfaat tanaman lidah buaya atau aloe vera begitu marak. Hingga, sangat mudah bagi siapapun untuk menemukan artikel seputar aloe di blog atau website, sosial media, ataupun di video-video seperti di Youtube. Apa yang membuat aloe vera begitu populer?

Mengenal Aloe Vera


Manfaat Lidah Buaya atau aloe vera
Manfaat Lidah Buaya | Image from goodhousekeeping.com

Tanaman lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang manfaatnya sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh luar maupun dalam. Tanaman ini termasuk ke dalam keluarga kaktus yang membutuhkan perawatan dan air agar bisa tumbuh dengan baik.

Gel tanaman lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit, bisa digunakan sebagai krim, bisa dibuat menjadi salep, bisa juga dikonsumsi untuk mengatasi berbagai masalah di mulut dan organ tubuh.

Lidah buaya aman digunakan untuk bayi karena memiliki banyak manfaat untuk mereka. Meski demikian, lidah buaya tidak direkomendasikan diberikan kepada bayi dibawah usia 6 atau 8 bulan atau yang belum disapih.

Kandungan Komponen Aktif Aloe Vera


Lidah Buaya memiliki sifat anti inflamasi dan anti alergi. Di dalamnya juga terkandung gula alami seperti fruktosa dan glukosa. Disamping itu, tanaman lidah buaya juga memiliki sejumlah enzim yang bisa membantu mengurangi peradangan.

Karena itulah, lidah buaya kerap digunakan untuk mengatasi peradangan seperti sariawan misalnya. Enzim yang terkandung pada aloe dapat bekerja dengan baik karena adanya kandungan: kalium, magnesium, seng, kalsium tembaga, natrium, dan mineral sejenis lainnya.

Manfaat Aloe Vera untuk Bayi


Khasiat Gel Lidah Buaya | Image from webmd.com

Seperti yang kita tahu, bayi memiliki kulit yang sangat lembut dan sensitif. Kulit mereka sangat mudah iritasi apabila terpapar sinar matahari terlalu lama.

Karena itulah, menjemur bayi tidak boleh terlalu lama dapat mengakibatkan kulit bayi jadi berubah kemerahan atau terbakar. Selain itu, menjemur bayi juga tidak boleh terlalu siang, dan harus dilakukan pada pagi hari.

Apabila kulit bayi terbakar sinar matahari karena terlalu lama berjemur, kamu bisa memanfaatkan gel lidah buaya untuk mengatasinya. Karena gel ini memiliki sifat yang dapat mendinginkan dan menenangkan kulit.

Beberapa bayi juga mungkin mengalami eksim. Kondisi kulit dapat menyebabkan rasa tidak nyaman serta dapat memunculkan bercak merah tersebut sering kali terasa gatal.

Untuk mengurangi rasa gatal dan untuk mengatasi peradangan akibat eksim, kita juga bisa memanfaatkan tanaman lidah buaya untuk mengobatinya.

Di samping manfaat di atas, tanaman lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk melindungi bayi dari gigitan serangga, mengatasi ruam pada kulit, hingga mengobati berbagai luka atau cedera.

Gel dapat dioleskan pada memar yang ringan, luka bakar, luka sayatan, ruam, dan berbagai kondisi kulit lainnya dengan maksud untuk meredakan gejalanya, ataupun untuk mempercepat proses penyembuhan.

Bayi yang mengalami ruam akibat penggunaan popok juga bisa diobati dengan menggunakan lidah buaya. Di samping berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis kulit, gel lidah buaya juga efektif digunakan untuk mengatasi jamur, bakteri, atau berbagai masalah yang diakibatkan virus pada bayi.

Anak bayi yang lahir dengan rambut yang belum tumbuh banyak juga bisa dibantu agar lebih cepat tumbuh dan subur dengan menggunakan gel lidah buaya.

Gel Aloe Vera ini bisa dicampurkan dengan air kemudian digunakan sebagai shampo untuk mencuci rambut bayi. Tidak hanya efektif untuk menjaga keseimbangan PH kulit kepala bayi, shampo tersebut juga akan membuat rambut bayi jadi lebih berkilau dan lembut.

Panduaan Menggunakan Aloe Vera untuk Bayi


Tidak dapat disangkal bahwa tanaman lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat atau khasiat bagi bayi maupun orang dewasa.

Namun jika diperuntukkan khusus untuk bayi, maka kita tetap harus berhati-hati. Meskipun tergolong aman, tanaman lidah buaya tidak boleh digunakan secara berlebihan, terutama untuk penggunaan oral atau untuk dikonsumsi.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memberikan aloe kepada bayi diantaranya adalah:

  • Sebaiknya jangan memberikan gel atau jus lidah buaya secara oral kepada bayi. Karena, mungkin tidak aman untuk dikonsumsi oleh mereka. Sebelum memberikan bayi makan gel Aloe Vera, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.
  • Bagi ibu hamil, mengkonsumsi lidah buaya tidak begitu dianjurkan karena dikhawatirkan dapat membahayakan bayi yang ada di dalam kandungan.
  • Selain ibu hamil, ibu menyusui juga direkomendasikan untuk menghindari konsumsi gel lidah buaya. Karena gel lidah buaya yang dikonsumsi oleh ibu menyusui bisa bercampur dengan ASI ibu dan masuk ke tubuh bayi melalui ASI.
  • Karena bayi memiliki kulit yang sangat sensitif, tidak menutup kemungkinan apabila gel lidah buaya menyebabkan reaksi alergi tertentu. Oleh sebab itu, selalu lakukan tes sebelum menerapkan gel lidah buaya pada bayi untuk penggunaan di area yang lebih luas. Jika setelah melakukan tes ternyata muncul ruam atau kemerahan (peradangan), itu mengindikasikan bahwa gel lidah buaya tidak cocok digunakan bagi kulit bayi anda.
  • Penggunaan lidah buaya pada kulit bayi juga berpotensi menyebabkan gangguan atau mengurangi efek obat-obatan lainnya gunakan untuk bayi.

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Bayi


Cara menggunakan lidah buaya | Image from wikihow.com

Ambil kelopak buaya kemudian belah menjadi dua bagian. Setelah itu, gunakan pisau untuk mengupas kulitnya atau bisa juga dengan menggunakan sendok untuk mengeruk gel-nya. Hancurkan atau lembutkan gel tersebut dan gunakan saat masih segar.