Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merk Cat Tembok Terbaik yang Bagus dan Awet

Ada banyak pilihan merk cat tembok terbaik yang dapat kita gunakan untuk melapisi dinding rumah bagian luar (exterior) maupun dalam (interior). Berbagai pilihan cat tembok yang ada di pasaran rata-rata hadir dengan kualitas terbaik disamping harga yang terjangkau. Meski banyak yang bagus, namun kita tetap harus selektif dalam memilih agar dapat yang terbaik.

Tips Memilih Cat Tembok Terbaik

Apabila kamu menginginkan cat tembok yang bagus dan awet serta berharga murah, kamu bisa memilih salah satu cat yang akan kami rekomendasikan berikut ini. Namun, sebelum kami membahas satu-persatu merek cat tembok terbaik yang bagus dan awet, terlebih dahulu kami ingin berbagi sedikit tips cara memilih cat tembok agar bisa memperoleh yang terbaik.

Tips Memilih Cat Tembok

Pilih Cat Berdasarkan Ruang dan Bidang

Tidak seperti beberapa dekade silam, saat ini cat tembok didesain lebih spesifik. Saat ini cat ada yang diciptakan khusus untuk tembok bagian outdoor, dan ada juga yang didesain khusus untuk indoor.

Cat Tembok Interior

Tidak hanya dibedakan berdasarkan penggunaan indoor dan outdoor, cat tembok juga ada yang diklasifikasikan berdasarkan ruangan yang akan dicat. Seperti ruang tamu, kamar tidur, dapur, ruang keluarga, atau kamar mandi misalnya.

Sesuaikan dengan warna furniture

Sebagian besar kita lebih sering menyesuaikan warna cat tembok dengan warna furniture dibandingkan dengan sebaliknya. Hal ini sering kita lakukan karena, berbagai furniture yang ada di rumah lebih jarang diganti dibandingkan dengan cat tembok itu sendiri.

Tidak harus selalu berwarna sama, memilih cat tembok yang dapat menghadirkan kesan dinamis dan serasi dengan warna-warna furniture juga bisa jadi alternatif.

Misalnya, jika furniture yang ada di rumah sebagian besar berwarna putih, abu-abu dan hitam, kamu bisa mengkombinasikannya dengan warna orange, hijau lemon, atau warna-warna lainnya yang menjadi favorit kamu.

Gunakan warna cerah untuk memberikan kesan yang lebih luas

Apabila rumahmu ukurannya tidak terlalu besar, memilih cat berwarna cerah untuk bagian indoor sangat direkomendasikan. Karena warna-warna cerah bisa menciptakan kesan lebih luas dan lapang jika dibandingkan dengan warna-warna gelap.

Gunakan warna yang senada

Jika kamu tidak merasa pandai dalam mengkombinasikan warna, kamu bisa memilih warna yang senada dengan benda terbesar yang ada di ruangan. Misalnya, jika kamu punya karpet atau sofa yang dominan coklat, kamu bisa mengkombinasikannya dengan cat tembok yang juga berwarna coklat terang ataupun gelap.

Perpaduan Warna Cat Dinding

Memilih warna yang senada tidak hanya bisa membuat ruangan terlihat lebih baik, tapi resikonya terlihat tidak menarik juga sangat kecil.

Para ahli interior menyarankan kita untuk memilih warna-warna yang lebih gelap untuk warna lantai kemudian memilih warna yang sedang untuk dinding dan warna yang sangat cerah untuk langit-langit.

Saran tersebut bukan tanpa alasan. Menurut seorang desainer bernama Mark McCauley, pemilihan warna tersebut didasarkan pada lingkungan luar rumah.

Di luar rumah, warna tanah atau laut biasanya lebih gelap dibandingkan alam di atasnya, kemudian di atas tanah ada tumbuh-tumbuhan yang berwarna hijau--yang tidak terlalu gelap juga tidak terlalu cerah, kemudian ketika kita melihat ke atas (langit) kita akan menyaksikan warna biru yang sangat cerah di samping awan berwarna putih.

Memilih warna cat tembok exterior

Seperti warna-warna cat yang kamu pilih untuk bagian interior rumah, warna eksterior atau bagian luar juga haruslah merupakan pilihan warna yang menjadi favoritmu. Pastikan warna tersebut bisa membuat kamu merasa senang ketika memandangnya.

Warna Cat Tembok Exterior Rumah

Meski demikian, jika kamu berencana untuk menjual rumah kamu dalam waktu dekat, akan lebih bijak jika kamu mempertimbangkan warna cat eksterior yang bisa menarik perhatian pembeli.

Warna-warna netral atau warna tradisional adalah pilihan yang sangat bijak jika kamu ingin mengecat ulang eksterior rumah. Agar tak terkesan monoton dan bisa lebih menarik perhatian, ada baiknya kamu mengkombinasikan beberapa warna sekaligus.

Misalnya, kamu bisa memilih warna cat yang terang seperti abu-abu untuk pintu dan jendela, kemudian pilihlah warna yang hangat seperti warna merah untuk daun pintu. Kombinasi ini akan menciptakan warna yang kontras tanpa meninggalkan kesan norak.

Perhatikan kesan yang ingin kamu tonjolkan

Warna Cat Interior Rumah

Setiap warna dapat memberikan kesan yang berbeda-beda. Karena itulah, kamu harus tahu warna apa saja yang bisa meningkatkan kesan sesuai dengan yang kamu inginkan. Berikut adalah beberapa contoh pilihan warna yang bisa memberikan kesan tertentu, yang dapat kamu jadikan sebagai referensi.
  • Warna putih. Ini adalah warna tradisional yang cukup populer digunakan untuk tembok luar (eksterior). Memilih warna putih dapat memberikan kesan rumah yang bersih dan rapi

  • Warna kuning. Warna kuning untuk cat eksterior rumah dapat memberikan kesan "bahagia." Agar tidak tampak terlalu norak, cobalah memilih warna-warna pastel atau yang pucat dan lembut

  • Biru muda. Warna biru muda bisa memberikan kesan yang tenang. Biru muda sangat cocok apabila diterapkan pada rumah-rumah yang berada di pinggir kota

  • Abu-abu. Warna ini merupakan salah satu warna alam yang bisa meninggalkan kesan tenang dan tentram serta stabil dan luas. Memilih warna abu-abu bisa membuat suasana rumah terlihat lebih adem

  • Kelabu tua. Ini merupakan salah satu pilihan warna yang cukup populer di Amerika Serikat untuk dinding eksterior rumah. Warna kelabu tua dapat menciptakan kesan fun dan kreatif serta dapat memberikan kesan tenang

  • Kuning mentega. Warna ini apabila dikombinasikan dengan warna abu-abu gelap dan warna putih atau warna ungu gelap, bisa menjadi kombinasi warna dinding eksterior rumah yang menarik. Warna kuning mentega dapat menghadirkan kesan positif

  • Coklat, atau warna-warna gelap dapat memberikan kesan bersahaja. Termasuk pilihan warna coklat gelap yang bisa dikombinasikan dengan berbagai macam warna seperti warna merah, biru sama putih, atau hitam

  • Warna merah. Warna merah banyak digunakan karena dapat memberikan kesan ceria dan segar

Matte vs Glossy

Umumnya cat tembok memiliki 4 tingkat kemilau yakni: matte atau doff, semi doff/glossy, glossy atau mengkilap, serta high gloss atau satin. Keempat pilihan tingkat kemilau tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
  1. Cat matte adalah pilihan cat tanpa kilap sama sekali. Cat ini sangat ideal untuk menutupi dinding yang kasar atau tidak halus. Kelemahannya, cat ini kurang tahan lama dan cenderung lebih sulit perawatannya dibandingkan dengan cat yang mengkilap atau glossy. Meski punya banyak kekurangan, cat ini juga memiliki sejumlah kelebihan. Salah satunya adalah, bisa mengaburkan atau membuat kesalahan-kesalahan saat mengecat jadi tidak terlalu kentara. Warna matte sangat cocok apabila diterapkan untuk langit-langit kamar, cocok digunakan untuk tembok kamar tidur, ruang keluarga, serta ruang makan.

  2. Semi matte atau semi glossy adalah pilihan cat yang dapat memberikan kesan elegan serta lembut dengan intensitas yang tidak terlalu tinggi. Kelebihan cat semi glossy diantaranya adalah, lebih tahan lama dibandingkan dengan cat matte dan perawatannya pun lebih mudah. Cat tipe glossy disarankan untuk diterapkan di dinding ruangan ruangan yang sering dikunjungi atau ruangan-ruangan yang sering terpapar kelembaban, dan ruangan yang kerap membutuhkan perawatan. Cat semi glossy sangat cocok diterapkan pada ruangan seperti kamar mandi, dapur, ruangan anak-anak, lorong, serta pintu, dan rak sepatu

  3. Cat glossy. Adalah pilihan cat dengan warna mengkilap yang memiliki kilau hingga dapat memberikan refleksi. Cat seperti ini biasanya sangat tahan lama dan stabil serta mudah dibersihkan dan dirawat. Cat glossy lebih cocok digunakan untuk ruangan yang sering dikunjungi atau sering digunakan seperti kamar anak, dapur, lorong, kantor atau area kerja, hingga warung makan

  4. Cat High gloss atau satin memiliki tampilan yang sangat mengkilap dan hampir menyerupai kaca. Cat tipe satin memiliki tingkat ketahanan paling tinggi, tidak mudah rusak dan sangat mudah dirawat. Karena sifatnya yang sangat reflektif maka cat satin seperti ini dapat memantulkan sebagian besar cahaya. Karena sifatnya tersebut, maka ketidaksempurnaan permukaan dinding akan lebih mudah terlihat. Kelemahan lain cat high glossy terletak pada penerapannya yang lebih sulit jika dibandingkan dengan tiga pilihan sebelumnya. Adapun ruangan-ruangan yang direkomendasikan untuk dicat dengan warna cat high glossy diantaranya adalah: kamar anak, lorong, ruang untuk hewan peliharaan, dan pintu

Pilihan Merk Cat Tembok Terbaik

Cat Tembok Dulux

Rekomendasi cat tembok untuk interior maupun eksterior yang pertama adalah merek Dulux. Dulux menawarkan banyak pilihan cat dengan berbagai kualitas dan kemilau.

Tak hanya menyediakan pilihan cat tembok yang lengkap, Dulux juga menyediakan banyak opsi cat tembok berteknologi tinggi untuk berbagai jenis ruangan.

Jotun

Cat merk Jotun dikenal sebagai merek yang ramah lingkungan dan mudah diaplikasikan di dinding rumah. Saat ini, Jotun dikenal sebagai pilihan yang aman karena 100% bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya dan hasilnya pun sangat halus serta efisien.

Nippon Paint

Nippon Paint merupakan pilihan cat tembok berkualitas yang harganya relatif terjangkau. Selain berharga murah, Nippon Paint juga dikenal sebagai penghasil cat berkualitas tinggi yang tidak mudah pudar, tahan lama, dan dan mudah dibersihkan serta menyediakan berbagai fitur seperti anti jamur.

Decolith

Cat tembok Decolith adalah merek cat yang sangat populer. Popularitas cat ini tidak hanya karena kualitasnya, tapi juga karena harganya yang sangat murah.

Merk Decolith tidak hanya menawarkan cat terbaik dengan kualitas yang tangguh, tapi juga menawarkan cat yang ramah lingkungan dan bebas timbal serta merkuri.

Avitex

Merek cat tembok terbaik lainnya yang kami rekomendasikan adalah merek Avitex. Ini adalah salah satu merk cat tembok yang juga ditawarkan dengan harga terjangkau serta menyediakan pilihan warna yang menarik serta tidak mudah pudar dan awet.

Post a Comment for "Merk Cat Tembok Terbaik yang Bagus dan Awet"