Awas! Makanan Pilihan Makanan Bisa Sebabkan Wajahmu Berminyak

Penyebab kulit wajah berminyak - Jika kamu terindikasi memiliki kulit wajah yang berminyak, yang biasanya berasal dari faktor genetik atau faktor hormonal seperti; karena pubertas, karena faktor menstruasi, karena kesalahan perawatan kulit, karena faktor stres dan lain-lain, kamu wajib memperlakukan kulit wajah dengan benar dan lebih berhati-hati. Karena, apabila memperlakukan kulit wajah berminyak dengan cara yang salah, hal tersebut dapat memicu munculnya jerawat dan berbagai masalah kulit lainnya. 



Selain karena faktor gaya hidup, karena faktor lingkungan, faktor cuaca maupun karena faktor genetik, makanan adalah salah satu faktor yang juga berperan sangat besar.

Ada sejumlah makanan yang bisa membantu mengurangi kelebihan minyak di wajah, dan sebaliknya, ada makanan-makanan yang dapat menyebabkan wajah justru memproduksi lebih banyak minyak

Apa saja makanan yang perlu dihindari oleh pemilik kulit wajah berminyak?

Biji-bijian yang halus

Biji-bijian olahan yang dihaluskan atau dijadikan tepung pada umumnya akan kehilangan serat dan nutrisi selama proses pengolahannya. Selain itu, makanan dalam bentuk tepung biasanya memiliki indeks glikemik yang sangat tinggi yang bisa mempengaruhi gula darah.

Menurut penelitian, mereka yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan bertepung atau yang terbuat dari tepung lebih mudah mengembangkan kulit wajah berminyak atau jerawat. Jadi cobalah untuk menghindarinya.

Makanan-makanan manis

Berbagai jenis makanan manis terutama yang mengandung gula seperti gula tebu, sirup jagung, maltosa, dan lain-lain ternyata bisa menyebabkan kadar hormon melonjak yang mempengaruhi produksi minyak di wajah.

Jadi, jika kamu saat ini mengalami masalah dengan kulit wajah berminyak dan kebetulan doyan dengan makanan-makanan manis yang banyak mengandung gula, cobalah untuk mengurangi mengkonsumsi makanan-makanan tersebut agar kulit wajahmu terlihat lebih bersih.

Hindari makanan berlemak

Yang dimaksud dengan makanan berlemak adalah makanan-makanan yang banyak mengandung lemak trans atau lemak tidak sehat (lemak jenuh). Biasanya makanan-makanan tersebut berupa daging merah seperti daging sapi atau daging kambing yang berlemak dan kulit ayam.

Walaupun sebagian kita banyak yang menyukai makanan-makanan berlemak, namun bagi kulit, makanan tersebut sangat tidak baik. Sebaliknya, kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak baik terutama asam lemak omega 3.

Kurangi mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung natrium

Makanan-makanan yang banyak mengandung natrium biasanya berbentuk seperti kentang goreng, keripik kentang atau makanan-makanan sejenisnya. Makanan-makanan tersebut biasanya dapat menyebabkan peradangan dan gangguan kesehatan kulit.

Susu

Mungkin poin yang satu ini sedikit mengejutkan, akan tetapi itulah faktanya. Susu maupun produk susu sangat berbahaya bagi kulit karena dapat menyebabkan penuaan dini dan bisa menyebabkan berbagai masalah, seperti misalnya, dapat menyebabkan kulit berminyak menjadi kering sehingga kelenjar minyak di wajah akan berproduksi lebih banyak yang justru bisa memper buruk situasi dan mengundang jerawat.

Susu tidak harus dihindari melainkan bisa dikurangi. Atau, cobalah mencari susu yang baik seperti susu rendah lemak atau susu bebas lemak untuk dikonsumsi demi menjaga tulang yang sehat.

Comments