Kerja dari rumah? Ini Tips-nya agar Tetap Produktif

Kerja dari rumah? Ini Tips-nya agar Tetap Produktif

Beberapa hari belakangan ini banyak dari kita harus bekerja dari rumah. Ini bisa menjadi tantangan ketika kita dihadapkan dengan ketidakamanan keseluruhan di luar dan tidak terbiasa bekerja dari jarak jauh. Di sini kami duduk (secara terpisah, di lokasi kerja-dari-rumah kita masing-masing) dan menuliskan beberapa tips yang dapat membantumu meningkatkan efektivitasmu di rumah serta mengelola situasi di mana kita berada dalam isolasi diri COVID-19 .

Tips kerja menghindari covid-19


Bagi kami juga, situasi baru ini akan membutuhkan penyesuaian dan tidak akan mudah karena kami kehilangan interaksi langsung dengan rekan-rekan kami. Kami berharap tips ini akan membantumu mengelola pekerjaan dari rumah.

Persiapan Sebelum Kerja

1. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri di Pagi Hari

Me time di pagi hari

Jaga rutinitas pagi hari sebelum bekerja. Sangat menggoda untuk tidur dan bangun hanya 15 menit sebelum bekerja, tetapi memiliki rutinitas yang baik di pagi hari seperti membaca beberapa halaman buku yang telah ada di rak selama berbulan-bulan, mencuci pakaianmu, olahraga pagi atau rumah - memasak sarapan dengan pasanganmu (sekarang teman kantormu) dapat menggantikan perjalananmu dan memberimu waktu untuk mempersiapkan hari kerja di depan.

2. Buat Daftar Tugas

Membuat daftar tugas kantor

Tidak ada yang membuatmu lebih fokus bekerja dari rumah daripada daftar yang harus dilakukan . Pertahankan dirimu bertanggung jawab dan periksa pada akhir hari jika kamu dapat menyelesaikan semua tugasmu.

Karena mudah terganggu ketika kamu bekerja dari jarak jauh (percayalah, itu lebih mengganggu daripada ketika kamu berada di kantor), urutkan daftar berdasarkan prioritas jika kamu memilikinya di komputer.

Jika kamu lebih suka menyimpan daftar tugas lama yang baik di buku catatanmu, beri kode warna pada tugas-tugas berdasarkan prioritas, misalnya merah muda untuk tugas-tugas mendesak yang dilemparkan manajermu kepadamu dan pasti akan menanyakannya nanti.

Beberapa aplikasi yang bagus untuk me-management tugas: Notion, Toggl, Monday, Trello.

3. Mulai harimu

Saat bekerja dari rumah, pastikanmu tidak lupa menyapa rekan kerja.
Katakan “hai” kepada rekan timmu! Bangun pagi dan memulai rutinitas kerja harian mungkin menggelegar. Buatlah sapaan pagi hari dengan kolegamu untuk mengatakan Hai, bicarakan apa yang sedang kamu kerjakan dan untuk memeriksanya. Terutama di saat-saat isolasi sosial ini, senang melihat rekan kerjamu!

Minta orang lain untuk menjadwalkan panggilan video denganmu daripada meneleponmu ke hp. Ini akan memberimu kesempatan untuk mempersiapkan pertemuan. (Kecuali itu panggilan mendesak dari bosmu tentu saja, kamu harus menerima yang itu).

4. Duduklah dengan nyaman dan istirahat sejenak

Duduk nyaman saat kerja

Pastikan kamu nyaman di mejamu. Beberapa dari kita menggunakan keyboard dan mouse bluetooth dan meletakkan laptop mereka di beberapa buku atau dudukan khusus untuk menjaga tampilan pada level wajah. Pengaturan meja yang tepat bersama dengan mempertahankan punggung lurus (tanpa membungkuk), membantumu menghindari masalah punggung dan sindrom karpal.

Beralih dari dua layar 4K 28 inci ke satu layar laptop yang kecil mungkin tidak nyaman, terutama bagi mereka yang suka multitasking. Beberapa dari kami juga menggunakan Aplikasi Magnet untuk mengatur jendela yang sesuai.

5. Setting browser

Sebagai pembuat browser berdasarkan profesi dan hati, kami tidak akan menjadi diri kami sendiri jika kami tidak merekomendasikan beberapa fitur Opera yang berguna.
Ketika kita bekerja dari rumah, kita cenderung menggunakan satu komputer dan satu browser. Sepanjang hari kerja dan menjelajah, kita semua biasanya menjumpai situs web menarik yang mungkin ingin kita kunjungi kembali setelah bekerja. Kami menggunakan Workspaces (tersedia di Opera) untuk mengatur kekacauan kreatif kami.
Mereka memungkinkan kita untuk mengatur tab dalam kelompok tematik yang terpisah - seperti pekerjaan, berita, dan belanja - dan untuk menjinakkan kekacauan tab kita.

Untuk beralih antar tab dengan cepat, kami menggunakan pintas Ctrl + Tab , yang membuka pengendara sepeda tab - cara cepat dan visual untuk melompat di antara tab tanpa mengangkat tangan dari keyboard.

6. kamu dapat membaca lebih lanjut tentang shortcut keyboard yang bermanfaat

Jika kamu mengarahkan kursor ke tab yang sudah kamu buka, Opera akan memberi tahukanmu tentang itu dengan menyorot tab bowsermu dengan url yang identik. Ini memungkinkanmu (dan kami) menghapus tab duplikat dan tetap teratur.

Di masa sekarang, menjadi penting untuk tetap berhubungan dengan teman dan orang yang dicintai. Kami melakukannya dengan menggunakan messenger yang terpasang di sidebar browser kami . Lihat, mereka sangat berguna.

Terakhir, kamu juga dapat menggunakan Opera dan alat Snapshot bawaan untuk membuat meme dengan cepat (dan membaginya dengan mudah menggunakan messenger bawaan).

7. Sering-Seringlah Beristirahat

Pengaturan kantor biasanya mengingatkanmu untuk beristirahat. Mudah terbawa oleh pekerjaan di rumah dan melupakannya. Produktivitasmu tumbuh jika kamu ingat untuk mengambil waktu untuk minum teh, camilan, atau menyiapkan makan siangmu.

Jangan makan sarapan atau makan siang di meja kerja, dan jadwalkan waktu makan. Susun kembali idemu saat makan, jauh dari komputer. Ini memiliki banyak manfaat termasuk keyboard yang tidak berminyak, tidak ada piring yang menumpuk di mejamu dan mengurangi ketegangan mata.

Pastikan juga untuk membuka jendelamu secara teratur atau duduk di balkon selama istirahat. Tidak ada yang akan memberimu energi lebih dari udara segar.
Jika kamu lelah bekerja di satu tempat, kamu dapat pindah ke lokasi lain di apartemenmu di sore hari dan berpura-pura, misalnya, dapurmu adalah sebuah kafe di suatu tempat di kota.

8. Fokuskan konferensi video dengan latar belakang blur

Menggunakan Skype untuk konferensi video? Aktifkan latar belakang blur di Skype untuk menjaga latar belakangnya halus secara halus, dan pastikan kamu didengar melalui panggilan video dengan kolega atau pelanggan.

Jika kamu lebih suka konferensi Zoom , kamu dapat menggunakan salah satu dari latar belakang virtualnya. Mereka mengagumkan! Untuk mengaktifkan latar belakang virtual dan menyembunyikan kekacauan yang kamu miliki di rumah, cukup buka pengaturan di sudut kanan atas aplikasi konferensi Zoom dan buka bagian "Latar Belakang Virtual".

Kamu dapat mengunggah gambar apa pun yang kamu inginkan sebagai latar belakang dan jika kamu membutuhkan inspirasi, Unsplash memiliki koleksi gambar bagus yang berfungsi dengan baik sebagai latar belakang.

Headphone adalah anugerah selama panggilan video: mereka membiarkanmu mendengar lawan bicara tanpa mengeraskan suara melalui speaker. Musik juga merupakan cara yang bagus untuk menjauhkan diri dari lingkungan dan fokus pada pekerjaanmu.

Bagikan pengalamanmu dengan pasangan/pasangan/teman atau teman sekamar
Istri/suami/pasangan/teman sekomplek juga adalah kolega terbaikmu sekarang. Bagikan pengalaman dan pengetahuan pribadimu tentang bekerja dari rumah dan situasi ini dengan mereka. Kamu bisa terkejut betapa banyak saran bermanfaat yang bisa kamu dapatkan sebagai balasannya.

Kita tahu bahwa bekerja dari rumah mungkin merupakan peluang besar untuk mengejar ketinggalan serial TV, dan kadang-kadang sulit untuk menolak menonton pesta berlebihan. Tetapi mungkin melakukannya nanti? Hanya pemikiran saja. Kamu dapat melacak dan berbagi tugas harianmu di Google Spreadsheets (templat), Trello atau Senin . Masih tidak bisa menolak? Gunakan fungsi pop-out video di browser Opera untuk menonton video saat bekerja, tetapi jangan salahkan kami untuk produktivitasmu yang menurun sesudahnya.

9. Buat anak-anakmu ikut sibuk

Kita tahu bahwa bekerja dengan kapasitas 100 persen dan juga menghibur anak-anak adalah hal yang mustahil. Namun, kamu dapat melibatkan mereka dalam suasana kerja dengan streaming beberapa video pendidikan dari YouTube untuk anak-anak.