Tips Merawat Kulit Wajah Berminyak yang Tepat Menurut Ahli Kecantikan

Merawat kulit wajah berminyak - Kulit wajah berminyak tidak hanya membuat penampilan kita terlihat semakin kusam, melainkan, hal tersebut juga dapat menyebabkan kita merasa semakin stres dan tidak percaya diri, dan bisa memunculkan berbagai masalah kulit seperti jerawat. Padahal, menurut ahli, salah satu penyebab mengapa kulit wajah mengeluarkan minyak dalam jumlah yang berlebihan adalah karena faktor stres.

Jadi, kadang-kadang kulit wajah berminyak tidak bisa dianggap sepele dan harus ditangani dengan cara yang benar.



Mengatasi kulit wajah berminyak bisa dilakukan dengan banyak cara dan salah satunya adalah dengan cara-cara alami yang bebas efek samping walaupun memiliki beberapa kelemahan, terutama karena cara kerjanya yang lambat.

Akan tetapi, jika rutin disiplin, merawat kulit wajah berminyak dengan cara alami akan memberikan hasil yang positif.

Bagi kamu kamu yang saat ini bermasalah dengan kulit wajah berminyak, cara merawat kulit berminyak berikut ini bisa kamu coba.

Memilih pembersih yang tepat

Ketika berbicara tentang kulit wajah berminyak, para ahli kulit menganjurkan kita untuk menggunakan pembersih yang justru mengandung minyak.

Alih-alih menghapus seluruh minyak yang ada di wajah, seperti menggunakan pembersih yang mengandung alkohol, kita dianjurkan untuk menggunakan pembersih yang mengandung minyak atau yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak.

Alasannya, apabila kulit wajah kering akibat pembersih, biasanya wajah akan memproduksi lebih banyak minyak lagi sehingga hal tersebut justru membuatnya terlihat lebih parah. Sebaliknya, apabila wajah tetap lembab, maka wajah tidak akan memproduksi terlalu banyak minyak.

Hindari penggunaan toner terlalu sering

Kebanyakan masyarakat Indonesia masih belum tahu bagaimana caranya mencuci wajah yang baik dan benar. Salah satu anjurannya adalah menggunakan pembersih yang lembut dan yang memang diformulasikan untuk kulit wajah berminyak.

Pembersihan tersebut digunakan maksimal dua kali sehari untuk menormalkan kadar minyak di wajah.

Sebaliknya, hindari penggunaan toner setiap hari karena hal tersebut bisa menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif. Kulit yang terlalu sensitif biasanya mudah berjerawat.

Menurut ahli kulit, penggunaan toner sebaiknya dilakukan sekali atau dua kali seminggu.

Minum air yang cukup

Dehidrasi bisa menyebabkan kelenjar stress menghasilkan lebih banyak minyak. Itulah sebabnya mengapa orang yang jarang minum seringkali mengalami kelebihan minyak di wajah. Jadi, cobalah untuk mencukupi kebutuhan air minum setiap hari antara 6-10 gelas tergantung kebutuhan dan jenis aktivitas yang kamu lakukan.

Jangan takut menjadi gemuk, karena banyak mengkonsumsi air putih tidak menyebabkan tubuh berlemak. Justru sebaliknya, air putih bisa membantu mengeluarkan racun dan membantu melembabkan kulit sehingga kelenjar minyak tidak akan bekerja hingga ke batas maksimal.

Gunakan tabir surya

Tabir surya atau sunscreen tradisional bisa menyebabkan berbagai masalah bagi siapapun yang memiliki kulit wajah berminyak. Biasanya, penggunaan tabir surya yang terlalu tebal justru bisa menyebabkan pori-pori wajah terblokir.

Jadi, cobalah untuk menggunakan tabir surya secara bijak. Karena tabir surya juga tetap penting untuk melindungi kulit dari radiasi UltraViolet (UVA/UVB) yang dapat menyebabkan penyakit kulit seperti kanker.

Comments