Cara Ampuh Mengusir Nyamuk di Halaman Rumah

Sekalipun tinggal di perkotaan, namun rumah rumah modern yang berukuran kecil sebagian besar tetap memiliki halaman walaupun ukurannya sangat kecil. Dari sekian banyak masalah yang sering muncul di halaman rumah, nyamuk adalah salah satunya.

Cara ampuh mengusir nyamuk di halaman rumah bisa anda pelajari dengan mudah dan bahan-bahannya bisa ditemukan di sekitar kita. Untuk mencegah hama bersayap ini, kita bisa melihat beberapa resep pengusir nyamuk yang dibuat dari bahan-bahan sederhana yang tentu bisa dengan mudah kita temukan di sekitar rumah.


Membuat pengusir nyamuk buatan sendiri


Di Indonesia, nyamuk tidak hanya kita temukan di musim hujan. Tapi juga banyak kita temukan di musim kemarau. Hal tersebut tidak lepas dari kondisi di sekitar rumah dan halaman yang seringkali lembab. Selain itu, banyak kita temukan selokan-selokan di sekitar rumah yang tergenang dan airnya tidak mengalir.

Ini merupakan tempat yang sangat disukai oleh nyamuk untuk berkembang biak. Maka tak heran apabila sekalipun sudah memiliki halaman yang bersih dan bebas dari genangan, namun halaman rumah tetap saja banyak nyamuknya. Pada dasarnya, nyamuk tidak menyukai aroma aroma tertentu. Beberapa contoh aroma yang tidak disukai oleh nyamuk diantaranya adalah: serai, peppermint, bawang putih, basil, lemon, lavender, rosemary, hingga eucalyptus.

Untuk menyingkirkan nyamuk dari halaman belakang rumah anda, Anda perlu membuat semprotan nyamuk dari bahan-bahan yang tidak disukai oleh nyamuk. Semprotan nyamuk buatan sendiri ini biasanya efisien untuk mencegah agar nyamuk tidak berkeliaran di sekitar halaman. Dengan begitu, Anda maupun keluarga bisa bebas bermain tanpa takut akan digigit nyamuk.

Obat nyamuk buatan sendiri di bawah ini bisa bertahan sekitar 2 bulanan Jika disimpan dengan cara yang benar dan bisa digunakan untuk mengurangi intensitas nyamuk di halaman rumah. Adapun cara pembuatannya adalah:

Bahan yang dibutuhkan:

  • 60 Ml air 
  • 60 ml cuka sari apel 
  • 20-25 tetes minyak alami boleh minyak peppermint, serai, atau campuran minyak minyak yang tidak disukai oleh nyamuk 

Campurkan semua bahan menjadi satu dan tuangkan ke dalam botol semprot

Bahan alami pengusir nyamuk ini bisa digunakan untuk mencegah nyamuk di halaman dan bisa bertahan selama beberapa minggu.
Selain membuat sendiri semprotan pengusir nyamuk Anda juga sebenarnya bisa menanam beberapa jenis tanaman yang tidak disukai nyamuk, diantaranya adalah:

1. Bunga lavender

Lavender dikenal sebagai salah satu tanaman yang mudah tumbuh. Di samping terlihat cukup bagus untuk ditanam di halaman rumah, tanaman ini juga memiliki manfaat lain yaitu menjauhkan kutu dan nyamuk dari halaman.

2. Kemangi

Ide tanaman lainnya yang bisa anda tanam di halaman rumah adalah kemangi. Kemangi yang bisa dijadikan sebagai lalapan atau campuran sayuran agar beraroma lebih kuat sangat baik untuk menjauhkan nyamuk dan lalat.
Kemangi tidak hanya bisa langsung ditanam di halaman rumah, tapi juga bisa ditanam di pot berukuran kecil sekalipun.

3. Bawang putih

Menanam bawang putih di halaman rumah juga merupakan ide yang baik. Tak hanya bermanfaat sebagai sumber bumbu Ketika anda membutuhkannya, menanam bawang putih juga merupakan cara yang bagus untuk mengusir kumbang Jepang. Selain itu, kucing liar juga biasanya tidak terlalu menyukai tempat-tempat yang terdapat bawang putih.

4. Serai

Tanaman serai sangat ampuh digunakan untuk mengusir nyamuk dari halaman rumah. Ini merupakan pencegah nyamuk alami yang sangat baik.

5. Bunga Marigold

Bunga Marigold bisa dengan mudah tumbuh tanpa dirawat sekalipun. Bunga ini selain memiliki warna yang indah dan bisa menyejukkan mata ternyata juga bisa diandalkan untuk memerangi nyamuk.

6. Daun mint

Di beberapa daerah, tanaman mint bisa tumbuh liar di halaman rumah. Bagi anda yang ingin mengusir nyamuk dan serangga dari halaman rumah, Tidak ada salahnya menanam tanaman mint untuk mencegah hama. Itulah beberapa contoh bahan alami pengusir nyamuk atau tanaman yang ampuh digunakan untuk mengusir nyamuk di halaman rumah. Tanaman-tanaman tersebut tentu tidak akan sulit anda temukan. Karena hampir semuanya ada di Indonesia.

Comments