Tips Fashion - Pilihan Kain-kain Terbaik untuk Baju Batik yang Nyaman

Batik dengan motif yang sama, harganya bisa berbeda-beda tergantung dari bahan (kain) yang digunakan serta metode pembuatan batik itu sendiri. Batik yang menggunakan bahan-bahan berkualitas seperti kain sutra atau katun silk jelas dihargai jauh lebih mahal dibandingkan dengan batik yang dibuat dengan menggunakan kain katun biasa.

Walaupun kain sutera dianggap sebagai bahan terbaik yang bisa memberikan rasa nyaman saat dikenakan, nyatanya, banyak juga kain katun (yang kualitasnya di bawah sutera) digunakan sebagai bahan utama batik tulis karena dianggap memiliki kualitas benang tenun dan kerapatan anyaman yang pas dan cocok untuk membatik.



Batik-batik terkenal seperti Batik Solo misalnya, adalah contoh jenis batik yang banyak menggunakan kain katun sebagai bahan utama. namun tentu saja, kain katun yang digunakan adalah katun pilihan yang lembut, halus, dan memiliki daya serap tinggi.
Mengapa kita perlu mengenal jenis-jenis kain untuk batik?

Salah satu alasannya adalah demi kenyamanan. Karena semakin nyaman kita menggunakan sebuah busana, akan semakin betah dan semakin banyak keuntungan yang bisa kita rasakan. Kain yang terlalu tebal dan yang tidak bisa menyerap keringat dengan baik cenderung terasa panas saat dikenakan. Akibatnya, tubuh akan mudah merasa gerah. Kain dengan sifat seperti ini kurang cocok apabila dikenakan di Indonesia yang kondisi iklimnya lumayan panas.

Tidak hanya bikin badan berkeringat, salah memilih jenis kain untuk pakaian juga bisa menimbulkan efek berantai yang merugikan penggunanya. Misal, rasa gerah dan panas saat mengenakan pakaian yang tidak nyaman bisa membuat kita sulit berkonsentrasi saat bekerja. Kurang konsentrasi akan membuat kita mengalami penurunan produktivitas, dan kadang kita pun jadi mudah uring-uringan.
Dewasa ini semakin banyak baju batik yang di rancang untuk bekerja, untuk menghadiri acara-acara resmi, juga untuk ke pesta.

Nah, sebelum kamu memutuskan baju batik seperti apa yang akan kamu beli, ada baiknya kamu mengenal beberapa jenis kain yang banyak digunakan untuk batik berikut ini agar tidak salah pilih.


Batik bahan sutra


Kain sutra merupakan kain yang berasal dari binatang, yaitu ulat sutra. Kain ini dikenal memiliki sifat yang kuat dan bisa menyerap keringat dengan baik. Namun sayangnya tidak tahan apabila sering dicuci, tidak kuat terhadap panas atau setrika, dan tidak tahan terhadap berbagai jenis obat-obatan (bahan kimia) sehingga perawatannya terkesan agak sedikit rumit.
Walau demikian, tekstur kain yang halus dan lembut serta ringan membuat kain sutra terasa istimewa dan sangat nyaman saat dikenakan.


Batik bahan katun


Kain katun adalah kain yang paling banyak digunakan untuk batik. Kain katun sendiri memiliki beberapa kualitas. Mulai dari yang biasa-biasa saja hingga yang terbaik. Beberapa pilihan kain katun yang bagus untuk batik di antaranya adalah kain katun Prima Mercerized Sanforized dan katun Poplin yang memiliki ketebalan pas, mudah menyerap keringat, dan tidak menyusut setelah diproduksi.

Batik bahan mori


Baju batik yang terbuat dari kain Mori juga nyaman digunakan karena memiliki tingkat kerapatan benang yang sangat baik sehingga terasa halus saat dikenakan. Kain ini terbuat dari benang kapas yang diolah di pabrik dengan metode anyaman polos lalu diputihkan. Jenis kain Mori yang paling berkualitas adalah Mori Primissima Sanforized.

Batik bahan paris


Kain Paris adalah pilihan lain yang banyak di digunakan sebagai bahan untuk membatik karena tingkat daya serapnya cukup baik dan nyaman saat dikenakan sebagai busana. Walaupun memiliki serat yang kuat, sayangnya kain ini sedikit agak tipis, sehingga seringkali terlihat transparan saat dikenakan. Teksturnya yang halus dan jatuh saat dikenakan adalah alasan utama mengepa banyak orang menyukai batik yang menggunakan kain Paris.

Comments