7 Trik Esensial untuk Membersihkan Dapur

Melakukan tugas-tugas di dapur seperti memasak adalah tugas mudah yang hampir semua wanita bisa melakukannya. Namun, tidak banyak yang tahu bagaimana caranya membersihkan barang-barang yang ada di dapur dengan mudah dan cepat. Ada banyak perabotan di dapur dan peralatan memasak yang perlu perawatan setiap hari setiap minggu bahkan setiap bulan. Beberapa diantaranya adalah kulkas, microwave, peralatan memasak seperti panci, spatula dan lain-lain, semuanya akan membuatmu sangat sibuk saat bersih-bersih. Bahkan, dapur yang kecil bisa membuatmu kerepotan, dan bisa saja membersihkannya lebih lama dibandingkan dengan membersihkan sebuah kamar yang besar.

Selain itu, bahan kimia yang kita gunakan untuk membersihkan barang-barang dapur beberapa diantaranya sangat berbahaya jadi harus tetap berhati-hati. Terkadang kita juga tidak memiliki pilihan lain selain menggunakan barang-barang tertentu untuk menyiapkan apa yang akan kita masak dan lain-lain. Alat memasak tersebut terkadang hanya kita miliki satu buah saja sehingga harus selalu dalam keadaan bersih.

Dalam artikel ini kami akan membantumu bagaimana caranya membersihkan dapur yang alami dan aman. Beberapa tips esensial untuk membersihkan dapur berikut ini akan membuat proses bersih-bersih menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Sehingga, kamu tidak perlu lagi menggaruk microwave, lemari besi untuk menghapus berbagai sisa makanan yang tertinggal disana. Bahkan, kamu juga bisa membersihkan mereka hanya dengan sekali semprot menggunakan bahan alami yang mudah kita temukan di rumah.

1. Membersihkan kulkas

Membersihkan kulkas bisa jadi sangat merepotkan apalagi apabila kita harus mengeluarkan semua benda-benda yang ada di dalamnya kemudian membersihkan, lalu kembali meletakkan semua benda-benda yang dikeluarkan tadi.

Cara ini tentu merepotkan dan memakan banyak waktu. Untuk lebih memudahkan, kamu bisa memanfaatkan tips yang satu ini. Pertama, sediakan air bersih dan cuka putih dengan perbandingan dua cangkir air bersih dicampur dengan 1 cangkir cuka putih. Lalu tambahkan beberapa tetes minyak lemon. Masukkan ke dalam semprotan lalu gunakan untuk menyemprot bagian dalam kulkas atau tempat-tempat yang ingin kamu bersihkan.

2. Membersihkan talenan berbahan kayu

Bagi kamu yang lebih suka menggunakan alas memotong berbahan kayu (talenan), tidak heran apabila biasanya beberapa residu tertinggal di kayu tersebut. Untuk membersihkannya dengan mudah, kamu hanya cukup menyediakan sebuah lemon kemudian potong menjadi dua bagian. Lalu taburkan sedikit garam pada alas pemotong kayu tersebut kemudian gosok-gosokkan potongan air lemon pada papan.

Bersihkan garam dan air lemon. Setelah itu, bilas dengan air lalu keringkan.

3. Cleaning wipes

Alat untuk membersihkan yang berupa cleaning wipes atau lap harus kamu miliki. Karena menggunakan tisu sudah pasti tidak efektif serta harganya terlalu mahal. Beberapa alat yang bagus untuk dijadikan lap, mudah dicuci serta awet adalah lap dari kaos-kaos tua yang tidak lagi terpakai. Atau kamu bisa membeli synthetic chamois yang berharga murah namun sangat awet serta sangat efektif dalam menyerap dan membersihkan berbagai hal.

4. Buat disinfektan alami

Beberapa disinfektan berbahan alami sangat aman, disamping murah juga cocok digunakan oleh wanita hamil. Untuk membuatnya tidak terlalu sulit. Pertama, siapkan bubuk boraks kemudian tambahkan cuka dan kulit jeruk. Masukkan semua bahan ke dalam botol semprot dan gunakan untuk membersihkan permukaan dapur serta kamar kecil.

5. Membersihkan oven

Sekarang kamu tidak perlu lagi menggunakan bahan kimia untuk membersihkan oven. Yang kamu butuhkan hanyalah setengah cangkir baking soda kemudian tambahkan beberapa sendok makan air. Lalu gunakanlah sarung tangan. Setelah itu kamu siap membersihkan oven dengan bantuan spons yang dicelupkan kedalam larutan baking soda tersebut.

6. Membersihkan sisa makanan di dalam microwave

Kadang-kadang, makanan yang kita buat dengan menggunakan microwave bisa meledak dan serpihannya menempel kesegala penjuru. Untuk membersihkan noda tersebut, kamu tidak membutuhkan sabun atau bahan kimia. Sebaliknya, kamu bisa merendam spons dengan campuran minyak lemon dan air. Atau kamu juga bisa menyemprotkannya langsung kedalam oven. Setelah itu, biarkan kurang lebih 5 menit lalu bersihkan dengan spons dingin.

7. Membersihkan panci dan kuali

Wajan atau kuali serta berbagai jenis panci yang berbahan dasar besi bisa dibersihkan dengan mudah menggunakan campuran minyak zaitun dan garam. Cara membuat sederhana saja. Pertama, sediakan satu sendok makan minyak zaitun kemudian tambahkan garam laut secukupnya lalu gosokkan dengan menggunakan kain pada panci atau wajan tersebut. Setelah itu, bersihkan dan terakhir lumasi dengan minyak zaitun sebelum dibilas dan dicuci.

Comments

Popular Posts