Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Mudah Agar Bisa Bangun Pagi

Sebagian besar dari kita sering bangun terlambat. Kebiasaan ini cenderung merusak rutinitas pagi dan berbagai rencana. Bangun kesiangan akan membuat kita terburu-buru pergi ke sekolah, ke kantor atau ke kampus. Bahkan bangun kesiangan menyebabkan kita jarang mandi di pagi hari atau lebih parah lagi, kita jarang sarapan.

Melewatkan sarapan akan cenderung membuat kita makan berlebihan karena kelaparan pada siang hari. Hal tersebut akan membuat badan kita mudah melar dan otak mudah mengalami depresi selain kesulitan berkonsentrasi menjelang siang.

Jadi, bagaimana caranya agar kita bisa bangun lebih pagi?

Sebenarnya hal ini sederhana saja, bangun pagi hanya perlu kebiasaan. Selain itu, kita juga perlu untuk melakukan beberapa hal yang terkadang membuat tidur kita terganggu.

Bangun pagi merupakan gaya hidup sehat yang perlu kita contoh dari orang tua dan kakek nenek kita. Tidak hanya itu, bangun pagi juga harus disiplin karena akan menguntungkan untuk kesehatan dalam jangka panjang.

Bagi anda yang selama ini masih kesulitan untuk bangun pagi, berikut adalah 7 langkah atau tips yang bisa anda ikuti agar bisa bangun lebih awal.


#1


Rutinitas di malam hari harus diperhatikan jika anda ingin bangun pagi. Apabila anda sering pulang terlambat, cobalah segera untuk pulang lebih awal dan beristirahat kemudian bersiap-siap untuk tidur. Apabila selama ini anda sering tidak langsung pulang ke rumah setelah selesai ngantor, ada baiknya anda merubah kebiasaan tersebut.

#2

Banyak orang yang kesulitan tidur pada malam hari karena cuaca yang sedikit panas menyebabkan rasa gerah. Selain itu, kita juga terkadang merasa sangat capek saat pulang dari tempat kerja.

Untuk masalah yang satu ini solusinya sederhana saja, anda harus mandi di sore hari atau jika kesulitan tidur pada malam hari, anda juga dianjurkan mandi pada malam hari.

Anda tidak perlu takut mandi di malam hari karena beberapa mitos mengatakan bahwa mandi pada malam hari menyebabkan rematik. Namun hal itu sudah dibantah oleh para ahli kesehatan dan justru sebaliknya, mandi malam akan membuat anda tidur lebih nyenyak dan lebih cepat.

#3

Apakah anda sering makan malam sebelum tidur? Ternyata kebiasaan ini justru tidak sehat dan menyebabkan kita kesulitan untuk tidur atau pada saat tidur kita akan menjadi yang lebih gelisah.

Tidak hanya menyebabkan gangguan tidur, namun makan sebelum tidur juga beresiko menyebabkan kenaikan berat badan karena energi dari makanan tidak banyak kita butuhkan sehingga akan disimpan menjadi lemak.

#4

Sebelum waktunya tidur, anda harus sudah bersiap-siap di atas ranjang. Apabila anda terbiasa tidur jam 10, anda setidaknya harus bersiap-siap mulai dari 1 jam atau setengah jam sebelumnya. Buatlah diri anda serileks mungkin diatas ranjang dan hindari membuka smartphone, mengecek sosial media, browsing, mengecek email dan lain-lain. Karena hal tersebut justru dapat menyebabkan gangguan tidur.



Baca juga: Tips agar tetap hangat diatas ranjang

#5

Tidak dianjurkan juga untuk nonton TV sebelum tidur. Karena hal tersebut bisa mengganggu pikiran anda sebelum tidur. Beberapa orang sering berkhayal mengenai film yang ditonton atau mengenai berita yang didengar sehingga dapat mengganggu dan menyebabkan kesulitan tidur. Jadi, sebaiknya matikan tv lebih awal agar anda bisa tidur lebih cepat.

#6

Pada saat anda tidak bekerja, kadang kala kita masih merasakan stres akibat pekerjaan yang ada di kantor tadi. Agar bisa tidur lebih awal dan lebih nyenyak, anda dianjurkan untuk pandai-pandai membedakan antara pekerjaan di kantor dengan urusan di rumah. Dengan begitu, anda tidak akan stres sehingga mengalami insomnia.

#7

Tidak banyak yang tahu bahwa melakukan olahraga pada sore hari atau terlalu dekat dengan waktu tidur justru berakibat sebaliknya. Yaitu dapat menyebabkan seseorang kesulitan untuk tidur karena kondisi tubuh yang panas dan darah yang memiliki tekanan sangat tinggi menyebabkan kita terjaga lebih lama.

Oleh sebab itu, jika anda ingin berolahraga, berolahragalah pada pagi hari.

Disamping dianjurkan untuk berolahraga pada pagi hari, kegiatan olahraga itu sendiri juga akan membantu kita tidur lebih awal pada malam hari karena dapat menyebabkan aktivitas di dalam tubuh kita bekerja lebih baik.

Post a Comment for "7 Tips Mudah Agar Bisa Bangun Pagi "