Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Website Resmi PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) Palangka Raya

Kota Palangkaraya pernah digadang-gadang akan menjadi ibukota Republik Indonesia pada awal-awal kemerdekaan. Meski demikian, rencana tersebut pada akhirnya tidak terwujud karena berbagai pertimbangan.

Meskipun rencana Palangkaraya sebagai ibukota negara tidak terwujud, namun Ibukota Kalimantan Tengah ini tetap mengalami perkembangan yang signifikan di bidang pembangunan maupun ekonomi.



Palangkaraya jelas memiliki banyak potensi, salah satunya adalah peluang mengembangkan sektor farmasi.

Peluang Sektor Farmasi di Palangkaraya

Peluang farmasi di Palangkaraya sangat menjanjikan karena kebutuhan akan tenaga farmasi yang masih cukup tinggi.

Menurut data dari Dinas Kesehatan Palangkaraya, jumlah Apotek pemerintah dan swasta di Kota Palangkaraya tahun 2020 berjumlah sekitar 124.

Itu artinya, masih ada peluang untuk mendirikan apotek di kota Palangkaraya yang pada tahun 2022 lalu memiliki jumlah penduduk sekitar 281 ribu jiwa lebih.

Informasi lebih lengkap mengenai peluang dan cara atau syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mendirikan apotek di Palangkaraya bisa diulik dari website resmi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Palangka Raya (PAFI).

Pembahasan khusus mengenai PAFI ini akan saya tulis pada sub judul di bawah nanti.

Selain berpeluang mendirikan Apotek sebagai media untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan memudahkan akses masyarakat pada obat-obatan, lulusan farmasi di Palangkaraya juga berpeluang untuk:

1. Bekerja dengan berbagai pilihan karir

Seperti misalnya, lulusan Farmasi bisa bekerja di apotek sebagai apoteker, atau berkecimpung dalam komunitas farmasi misalnya dengan menjadi anggota PAFI.

Alternatif lainnya adalah bekerja di rumah sakit atau di industri farmasi. Termasuk bekerja di pusat penelitian dan pengembangan obat-obatan.

Atau, kalau kamu punya passion dalam dunia ngajar-mengajar kamu bisa memilih untuk menjadi dosen atau guru. Dan, jangan lupa, lulusan Farmasi juga bisa bekerja di pemerintahan misalnya dengan bergabung di Dinas Kesehatan.

2. Konsultan farmasi

Menjadi konsultan Farmasi adalah peluang yang terbuka cukup lebar di kota Palangkaraya. Pasalnya, di kota ini banyak sekali perusahaan farmasi maupun rumah sakit serta organisasi kesehatan yang membutuhkan konsultan.

Sebagai konsultan, kamu bisa memberikan edukasi dan pelatihan kepada staf medis, menawarkan jasa kepada pasien, atau bisa juga dengan menjadi konsultan farmasi dengan fokus pada saran penggunaan obat-obatan yang efektif dan aman.

Website Resmi PAFI Palangka Raya

Website resmi PAFI Palangkaraya beralamat di https://pafikotapalangkaraya.org/. Official website ini berisi informasi yang dibutuhkan oleh lulusan farmasi yang berdomisili di Palangkaraya.

Berbagai informasi yang saya maksudkan diantaranya adalah, informasi mengenai pelatihan dan seminar.

Pafi sering mengadakan berbagai pelatihan dan seminar untuk membantu anggotanya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, khususnya dalam bidang farmasi.

Di samping itu, website ini juga difungsikan sebagai platform bagi anggotanya untuk membangun jaringan formasi yang profesional.

Kemudian, website resmi Pafi Palangkaraya juga menyediakan akses jurnal atau publikasi dan berbagai sumber daya lainnya yang bertujuan untuk membantu anggota Pafi Palangkaraya dalam mengikuti perkembangan terbaru di bidang Farmasi.

Singkatnya, website resmi Pafi Palangkaraya ini selain ditujukan untuk membantu anggota Pafi agar bisa berkembang secara profesional, juga ditujukan untuk:

  • Membantu anggotanya dalam mencari pekerjaan di bidang farmasi
  • Menawarkan program pengembangan karir untuk membantu anggotanya meniti karir yang mereka cita-citakan 
  • Menyediakan program mentorship yang akan menjembatani anggota baru dengan anggota senior yang lebih berpengalaman untuk mendapatkan bimbingan dan dukungan
  • Mewakili kepentingan anggotanya dalam berbagai forum, termasuk pemerintah, industri, dan organisasi lainnya
  • Mempromosikan praktik farmasi yang baik
  • Sebagai media advokasi bagi anggota PAFI Palangkaraya tentang masalah-masalah seperti peraturan farmasi dan praktik farmasi
  • Menawarkan program dan layanan masyarakat, seperti program edukasi tentang obat-obatan dan program skrining kesehatan
  • Sebagai media untuk mendorong anggota PAFI untuk terlibat dalam berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat
  • Sebagai wadah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan memastikan bahwa semua orang memiliki akses ke obat-obatan dan layanan kesehatan yang mereka butuhkan

Penutup

Perlu diingat bahwa, manfaat yang diperoleh oleh setiap anggota PAFI mungkin berbeda-beda antara anggota yang satu dengan anggota yang lain.

Perbedaan tersebut bisanya tergantung pada tingkat keanggotaan dan keaktifan dalam organisasi.

Jangan lupa untuk mengunjungi situs web resmi PAFI yang sudah saya cantumkan di atas, atau menghubungi pengurus PAFI di Palangkaraya untuk informasi lebih lanjut tentang manfaat keanggotaan dan bagaimana cara bergabung.

Post a Comment for "Website Resmi PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) Palangka Raya"