Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membersihkan 10 Jenis Noda

Membersihkan atau menghilangkan noda pada pakaian bukanlah hal mudah. Dan ibu-ibu yang sudah memiliki anak pasti tahu hal ini. Ada banyak jenis noda yang terkadang membandel serta sulit untuk dihilangkan. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara sederhana dan mudah untuk menghilangkan berbagai jenis noda dari pakaian maupun dari tempat-tempat tertentu.

Untuk menghapus noda dari pakaian-pakaian yang tipis, kamu harus sedikit berhati-hati agar tidak merobeknya. Beberapa bahan yang dimanfaatkan untuk menghilangkan noda terkadang sedikit kasar pada pakaian. Oleh sebab itu, kamu tetap diminta untuk selalu berhati-hati selama menggunakannya.

Jika kamu memiliki anak di rumah, kamu pasti sudah tahu bahwa mereka sering kali meninggalkan noda di karpet, tikar, sprei, dan terutama di baju mereka. Noda-noda berupa coklat, es krim, lumpur, saos dan bumbu makanan bahkan terkadang ada dimana-mana.

Untuk menghilangkan berbagai jenis noda dan membersihkannya, ada beberapa langkah sederhana yang harus kamu lakukan. Langkah-langkah tersebut akan melibatkan beberapa bahan alami yang mudah kita temukan di rumah, tentunya selain dengan memanfaatkan deterjen. Selain itu, kamu juga harus tahu bahwa terkadang membersihkan noda akan jauh lebih efektif apabila kita memanfaatkan cara manual yaitu membersihkannya dengan menggunakan tangan dibandingkan dengan menggunakan mesin cuci.

Berikut adalah cara mudah membersihkan 10 jenis noda membandel.

1.Cat

Apabila kamu ingin membersihkan noda cat di pakaian, kamu bisa memanfaatkan alkohol atau hand sanitizer karena kedua bahan tersebut adalah yang paling efektif. Kamu bisa lebih mudah membersihkan noda cat apabila cat belum benar-benar kering.

2.Tinta

Cara mudah menghapus tinta dari pakaian adalah dengan menerapkan 2-3 tetes hand sanitizer pada noda tersebut kemudian gunakan sikat gigi bekas untuk menyikatnya. Segera setelah kamu menyikatnya, berikan pasta baking powder, kemudian rendam selama kurang lebih 15 menit. Terakhir bilas dengan air panas.

3.Lumpur

Untuk menghilangkan noda lumpur yang membandel, kamu bisa memanfaatkan bleaching powder (bubuk pemutih). Kamu bisa mengambil bubuk pemutih sebanyak kurang lebih 2 sendok makan, lalu campurkan dengan air setelah itu aduk hingga menjadi pasta dan oleskan pada pakaian yang terkena noda lumpur. Ini merupakan cara terbaik dan efektif untuk menghilangkan kotoran dari pakaian. Namun ingat, kamu harus berhati-hati saat menggunakan campuran ini.

4.Saus tomat

Terkadang kita tidak sengaja menumpahkan saus tomat di pakaian pada saat makan. Dan untuk membersihkannya sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu bisa mengambil cuka putih lalu gunakan untuk menghapus noda tersebut. Caranya, tuangkan sedikit cuka diatas noda dan sikat kain tersebut dengan sikat gigi bekas. Setelah itu bilas dengan deterjen dan air ingin.

5.Coklat

Anak-anak sangat suka coklat dan biasanya mereka makan sampe blepotan. Sehingga tidak jarang pakaian mereka terkena noda coklat. Untuk menghapus noda cokelat tersebut, kamu bisa memanfaatkan larutan amonia. Namun terlebih dahulu kamu harus mengikis coklat yang mengering di pakaian menggunakan sikat atau pisau tumpul. Setelah itu, kamu bisa langsung menerapkan larutan amonia beberapa tetes kemudian gunakan kain putih untuk menghapus noda coklat tersebut.

6.Juice

Untuk menghilangkan noda akibat juice pada pakaian, kamu bisa memanfaatkan bahan yang sama yaitu larutan amonia. Caranya, pertama, cuci terlebih dahulu pakaian yang terkena noda dengan air biasa lalu terapkan satu tetes larutan amonia pada area yang terkena noda dan jangan lupa menggosok-gosokkannya dengan menggunakan kain putih.

7.Permen karet

Permen karet selain lengket terkadang juga menyisakan noda-noda berwarna coklat atau kehitam-hitaman pada pakaian. Salah satu bahan alami terbaik yang bisa menghilangkan noda permen karet dari pakaian kamu adalah es batu.

Caranya memanfaatkannya cukup sederhana, sediakan satu bongkah es batu, lalu gunakan untuk membekukan bekas permen karet tersebut selama kurang lebih 10 menit. Manfaatkan pisau tumpul untuk mengikisnya. Jika permen karet tetap membandel, kamu bisa menuangkan gliserin sedikit diatas noda, kemudian kikis.

8.Es krim

Noda es krim pada pakaian bisa dihilangkan dengan mudah apabila kita memanfaatkan beberapa tetes air lemon. Sediakan air perasan lemon kemudian gunakan untuk membersihkan noda tesebut, lalu bilas dengan sabun dan air.

9.Muntahan

Anak bayi terkadang apabila kekenyangan sering muntah. Selain itu anak-anak juga kadang mabuk kendaraan. Cara mudah membersihkan noda bekas muntah adalah dengan campuran deterjen dan air jeruk nipis serta 1 sendok garam. Ini adalah solusi alami yang paling efektif untuk menghapus noda tersebut. Untuk memberikan hasil yang terbaik, kamu sebaiknya segera mencuci pakaian sesaat setelah terkena muntahan.

10.Darah

Apabila kamu bingung bagaimana caranya menghapus atau membersihkan noda darah dengan mudah, kamu bisa memanfaatkan garam karena ini merupakan bahan alami yang paling baik dan paling efektif dalam membersihkan dan menyingkirkan noda darah di pakaian. Caranya, rendam pakaian dalam larutan garam selama kurang lebih 15 menit kemudian kucek dan bilas.

Post a Comment for "Cara Mudah Membersihkan 10 Jenis Noda"