Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips buat Kamu yang Benci Bersih-Bersih namun Rumah Tetap Rapi


Karena jadwal yang sangat sibuk, kita cenderung mengabaikan tugas sehari-hari terutama yang berkaitan dengan bersih-bersih rumah, di kamar atau di apartemen atau dimanapun tempat tinggalmu, jika kamu tidak memiliki banyak waktu luang, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tidak terlalu sering bersih-bersih.

Dalam artikel ini, kami akan menyampaikan beberapa kiat terbaik untuk menjaga rumah agar tetap rapi dan bersih tanpa harus membuat kamu berkeringat setiap hari. Dan tips ini juga dimaksudkan untuk membantu kamu agar tidak membeli beberapa pembersih berharga mahal yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Contoh kecil, kamu bisa memanfaatkan lemon untuk membersihkan wastafel atau microwave. Lemon adalah salah satu buah yang mudah didapat dan memiliki banyak manfaat. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan coca-cola untuk membersihkan toilet dan ini merupakan cara mudah serta murah lainnya.


Bagi kamu yang benci bersih-bersih karena merepotkan, tidak memiliki waktu atau karena malas, berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti.


1. Sudah waktunya kamu membuang barang bekas

Banyak diantara kita yang biasanya tidak suka membuang barang-barang bekas dan terus-menerus ditumpuk sehingga terakumulasi sangat banyak, padahal, tidak sekalipun kita memakai barang-barang tersebut. Menyayangi suatu benda yang kamu pikir akan digunakan suatu saat nanti bukanlah sesuatu yang harus dipertahankan apabila tidak sangat penting. Ingatlah bahwa kamar atau rumah bisa menjadi kacau balau dan terlihat penuh dengan adanya barang-barang sampah yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Ini waktunya kamu memikirkan mengenai menjual barang-barang tersebut atau melupakannya, atau kamu juga bisa menyimpannya di dalam gudang saja.

2. Letakkan kembali di tempatnya

Bagi kamu yang benci bersih-bersih, sebaiknya kamu memulai kebiasaan baik ini. Kamu harus meletakkan kembali segala sesuatu yang kamu pakai sesaat setelah selesai. Dengan begitu, kamu tidak perlu bersih-bersih setiap hari.

3. Tidak harus bersih-bersih

Tips berikut ini mungkin terdengar aneh namun tetap menarik karena tidak membutuhkan banyak waktu. Cara melakukannya juga cukup mudah. Yang perlu kamu lakukan adalah, pada saat kamu melewati barang tertentu, kamu bisa memungutnya kemudian meletakkannya apabila kamu pergi tujuan yang sama dengan letak dimana barang tersebut seharusnya berada. Dengan membersihkan sambil lalu saja akan membuat kamu tidak perlu mengikuti aturan bersih-bersih yang merepotkan, memakan banyak waktu, serta melelahkan.

4. Hindari menggunakan kertas

Ini adalah tips selanjutnya untuk kamu yang benci bersih-bersih. Cobalah untuk menyingkirkan kelebihan kertas di rumah kamu seperti majalah bulanan, koran, stuk, dll. Karena terlalu banyak kertas di sekitar kamu membuat rumah tampak kacau. Jika kamu tidak ingin menyingkirkannya, kamu bisa berinvestasi dengan membeli rak khusus untuk majalah dan kotak kayu untuk menyimpan berbagai kertas yang diperlukan.

5. Langsung cuci piring setelah makan

Jangan tunggu piring dan berbagai perabotan memasak lainnya menumpuk. Sesaat setelah kamu memasak, sesaat setelah kamu makan atau bahkan setelah kamu minum, kamu bisa langsung menuju wastafel dan membersihkan gelas, piring atau peralatan makan yang kamu gunakan. Ini adalah tips bersih-bersih buat kamu yang memang bener-bener malas dan tidak memiliki banyak waktu.

1 comment for "Tips buat Kamu yang Benci Bersih-Bersih namun Rumah Tetap Rapi"

  1. Meletakan barang ke tempatnya ini nih kdg yg bikin keki. Biasanya org lain yg gak bisa teratur.

    ReplyDelete