Tips dan Cara Mengetahui dan Mendukung Bakat Anak

Setiap anak dilahirkan unik dan punya bakat masing-masing. Menurut Howard Gardner, seorang pakar pendidikan di Harvard University, ia mengatakan, setidaknya ada 8 jenis kecerdasan atau bakat yang biasanya muncul pada anak-anak. Bakat-bakat tersebut diantaranya adalah:

1.Kecerdasan linguistik
2.Kecerdasan logika
3.Kecerdasan intrapersonal
4.Kecerdasan interpersonal
5.Kecerdasan spasial
6.Kecerdasan musikal
7.Kecerdasan kinetic
8.Kecerdasan naturalis



Setiap anak bisa memiliki satu atau lebih jenis kecerdasan di atas. Akan tetapi ada juga beberapa anak yang memiliki hampir semua jenis kecerdasan di atas. Setiap orang tua perlu melihat dan menggali potensi yang ada pada anak mereka. Berikut adalah ciri-ciri kecerdasan yang dimiliki oleh anak berdasarkan apa yang dikatakan oleh Howard Gardner.

Kecerdasan linguistik


Ditandai dengan kemampuan anak dalam berbicara dan menulis. Anak-anak yang dikaruniai kecerdasan linguistik sangat mudah mengingat kata-kata suka membaca suka menulis, dan suka berkomunikasi.

Orang tua bisa mendukung mereka dengan memberikan mainan-mainan yang berkaitan dengan alfabet atau permainan kata, orang tua bisa mendukung anak-anak dengan mengajak mereka bermain puzzle, mengisi teka-teki, atau menulis dan mengarang.

Kecerdasan matematis


Kecerdasan matematis atau kecerdasan logika. Ditandai dengan: anak menyukai matematika, suka berhitung, dan menyukai hal-hal yang berbau sains.
Untuk mendukung anak dengan kecerdasan logika sama orang tua bisa membelikan anak-anak permainan dengan balok-balok angka, bermain puzzle, bermain sambil berhitung, atau mengajak mereka berkunjung ke museum sains.

Kecerdasan interpersonal


Tanda-tandanya adalah, anak sangat suka berkenalan dengan orang baru, bisa memahami perasaan orang lain, dan punya perasaan empati yang besar.
Anak-anak dengan kecerdasan interpersonal perlu didukung dengan sering-sering mengajak mereka bersosialisasi, membantu orang lain, mengajak mereka ke acara amal, bermain-main dengan boneka dan patung figure (superhero).

Kecerdasan intrapersonal


Jenis kecerdasan ini ditandai dengan: anak-anak bisa mengkomunikasikan apa yang mereka rasakan dengan sangat baik.
Anak-anak dengan kecerdasan ini bisa dilatih dan dikembangkan kecerdasannya dengan cara: meminta pendapat mereka, menggambarkan apa yang mereka rasakan ketika melihat orang lain atau suatu kejadian dan gambar, atau meminta pendapat mereka setelah menonton film.

Kecerdasan musikal


Kecerdasan musikal ditandai dengan kemampuan anak dalam memahami dan memainkan musik atau menyanyikan lagu-lagu.
Cara paling mudah mendukung mereka adalah dengan mengajaknya latihan bernyanyi, mendaftarkannya di sekolah musik, mengajaknya bermain musik bersama-sama, dan tentunya dengan membelikan berbagai peralatan musik yang mereka sukai.

Kecerdasan spasial


Anak-anak yang memiliki kecerdasan spasial sangat suka menggambar apapun yang menjadi imajinasi mereka. Mereka suka dengan warna-warna, suka corat-coret, dan suka mengabadikan hal-hal yang menarik bagi mereka dengan menggunakan foto atau kamera.
Untuk mendukungnya, orang tua bisa membelikan anak: buku gambar dan peralatan melukis, membelikan mereka kamera atau perekam video, mengajari mereka video editing, dan edit gambar.

Kecerdasan kinetik


Kecerdasan kinetik pada seorang anak biasanya ditandai dengan kemampuannya dalam melakukan berbagai aktivitas atletik seperti olahraga atau cepat menirukan berbagai gerakan tari.
Untuk mendukung kecerdasan anak tersebut, Anda bisa mendaftarkan anak di sanggar menari, menonton pertunjukan tari (tradisional hingga modern), mengajak anak bermain rumah-rumahan, lompat tali, atau menyusun balok-balok kayu.


Kecerdasan naturalis


Anak-anak yang memiliki kecerdasan naturalis akan terlihat sering bergaul dengan alam, menyukai binatang, peduli dengan lingkungannya, suka bercocok tanam, dan sering atau senang memelihara binatang-binatang.
Untuk mendukung kecerdasan mereka apakah Anda bisa membelikan mereka binatang yang mereka sukai, membantu anak memelihara binatang tertentu seperti ayam atau sapi, mengajak mereka berjalan-jalan di alam liar atau dengan berkunjung ke Kebun Binatang.

0 Response to "Tips dan Cara Mengetahui dan Mendukung Bakat Anak"