4 Cara Mudah Membersihkan Sayuran dan Buah dari Pestisida

Hai sahabat forstbook.. saya kembali datang lagi setelah seminggu gak bisa Online karena masalah jaringan internet yang sedikit menyebalkan. Kurang cekatan dalam kerjaan, mungkin itu yang bisa saya kasih cap sama telkom hehe.. Oh ya.. kali ini saya akan membagi tips dan informasi yang sangat bermanfaat. Terutama seperti kita yang sering masak dan ada di dapur ya.

Tau Pestisida kan?

Percaya atau tidak, pestisida hadir didalam buah maupun sayuran yang kita konsumsi sehari-hari. Petani banyak menggunakan pestisida selama membudidayakan tanaman. Dan dalam beberapa kasus, pestisida terkadang masih menempel di sayuran maupun buah-buahan hasil pertanian.

Dampak pestisida

Meskipun secara kasat mata kita tidak bisa melihatnya, di katakan bahwa apabila manusia mengkonsumsi pestisida dalam jumlah yang sangat banyak, hal tersebut akan menjadi racun bagi kesehatan. Buah-buahan dan sayuran yang dikonsumsi tanpa dicuci terlebih dahulu atau tanpa dicuci dengan benar akan membuat racun tersebut masuk ke dalam tubuh.

Lebih parah lagi, ibu hamil cenderung akan memiliki anak yang menderita autis apabila terpapar pestisida. Oleh sebab itu selalulah berhati-hati. Terutama, pada trisemester ketiga kehamilan. Gak mau kan kalau kehamilannya dalam bahaya?

Bagi tubuh kita, pestisida bisa menyebabkan kanker, kerusakan pada sistem saraf, kerusakan pada reproduksi, menyebabkan cacat lahir pada bayi yang baru lahir, dan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan gangguan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. Akibat terganggunya sistem kekebalan tubuh, kita menjadi lebih mudah sakit dan rentan terhadap serangan virus maupun bakteri.

Oleh karena itu, setiap kali kamu membeli sayur maupun buah-buahan di pasar, berhati-hatilah dan jangan lupa untuk mencucinya hingga bersih. Walaupun mereka adalah bahan-bahan organik namun, kebanyakan dari sayuran sekarang yang tampak lebih segar dan terlihat bagus biasanya mengandung pestisida dalam jumlah yang banyak.

Untuk menghindari bahaya pestisida dari buah-buahan, ada beberapa cara alami yang bisa kita manfaatkan untuk membersihkan sayuran maupun buah-buahan tersebut. Dan berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Memanfaatkan cuka

Cuka adalah salah satu bahan alami yang paling kuat dan efektif membantu membunuh kuman serta menghilangkan pestisida dari sayuran maupun buah-buahan. Jika kamu mencuci dengan menggunakan air di ember, kamu bisa menambahkannya sedikit kemudian dimanfaatkan untuk membilas buah-buahan dan sayuran.


2. Memanfaatkan baking soda

Pasti kamu sudah tau kan kalau baking soda itu punya banyak manfaat selain cuma buat ngembangin kue. Baking soda juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan residu pestisida dari sayuran maupun buah-buahan secara efektif. Kamu bisa menambahkan 5 gelas air ke dalam sebuah mangkok lalu masukkan 4 sendok makan baking soda dan aduk hingga rata. Setelah itu, rendam sayuran dan buah-buahan ke dalam air tadi dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Keringkan. Lalu kamu bisa bebas mengkonsumsinya.

3. Memanfaatkan air kunyit

Kunyit adalah salah satu bahan yang mudah kita temukan di dapur yang bisa digunakan untuk banyak hal. Kunyit adalah salah satu bumbu yang memiliki sifat antibakteri dan dapat membunuh kuman. Untuk semangkok air mendidih, kamu bisa menambahkan 5 sendok teh bubuk kunyit. Lalu, kamu bisa memanfaatkannya untuk mencuci buah-buahan kemudian bilas dengan air bersih.

4. Dengan menggunakan garam

Cara lain untuk menghilangkan pestisida dari buah-buahan maupun sayuran yang aman dan mudah adalah dengan memanfaatkan garam. Kamu bisa menyiapkan satu mangkok air bersih kemudian tambahkan 1 cangkir garam. Setelah itu aduk hingga rata, lalu gunakan untuk membasuh buah-buahan maupun sayuran. Kamu juga bisa merendamnya selama kurang lebih 10 menit setelah itu, bilas dengan air bersih sebelum dikonsumsi.

Tips dan cara membersihkan sayuran serta buah-buahan dari pestisida di atas sebenarnya sangat efektif karena dapat menghilangkan hampir 90% residu pestisida. Namun untuk lebih amannya, jangan lupa agar kamu mengupas kulit dari buah-buahan maupun sayuran sebelum dikonsumsi jika memungkinkan.

0 Response to "4 Cara Mudah Membersihkan Sayuran dan Buah dari Pestisida "